Pembangunan Metaverse di negara Mediterania, karena bagian negara tersebut
dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata global.
Memegang peranan kunci dalam menggerakkan perekonomian Uni Eropa, dengan pangsa 30% dari pasar pariwisata global dan kontribusi sebesar 23% pendapatan global dari sektor pariwisata.
Menurut Over 60 Millennial Travel Statistics (2022), ketika melakukan perjalanan wisata, Gen Z dan generasi Milenial – yang sangat familiar dengan penggunaan teknologi digital. –
Teknologi digunakan untuk memesan jasa atau produk travel, di mana sebanyak 66 persen Milenial memanfaatkan teknologi digital melalui smartphone.
Sementara data hasil penelitian lain yang dilakukan Advisia juga mengungkap bahwa 69,35% Gen Z yang disurvei menunjukkan sikap positif terhadap metaverse, dan sebanyak 65,81% bersedia mengeluarkan uang untuk metaverse.
“Dari data-data itu kami melihat pengembangan pariwisata melalui teknologi
metaverse di negara-negara kawasan Mediterania ini dapat menjadi terobosan dan
alat dalam menentukan strategi yang tepat untuk menyasar para wisatawan masa
depan (NextGen tourist),” ujar Yasha Chatab.
WIR Group dipandang karena pengembangan teknologi dan program edukasi yang mendorong hadirnya teknologi Augmented Reality dalam industri pariwisata di negara itu.