Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Trisakti Kembangkan Pariwisata Masa Depan Berbasis Web3

BACA JUGA

Selular.ID – Trisakti turut mendorong kemajuan sektor pariwisata Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas serta berbasiskan teknologi.

Perguruan tinggi swasta yang berfokus pada pariwisata, Institut Pariwisata Trisakti, akan melakukan pengembangan pariwisata masa depan berbasiskan Web3 bersama Nusameta, anak perusahaan WIR Group.

Melalui pengembangan program studi Sarjana Bisnis Digital yang baru dibuka oleh Trisakti, harapannya pengembangan pariwisata berbasikan Web3 ini akan mendorong kesiapan untuk mencetak SDM unggul di Indonesia untuk menghadapi tantangan pariwisata masa depan melalui teknologi imersif.

Baca Juga: UOB Indonesia Kenalkan U-Solar 2.0 Dukung Industri Tenaga Surya Indonesia

Fetty Asmaniati, SE., MM., selaku Rektor Institut Pariwisata Trisakti, mengatakan, kecenderungan teknologi yang terus berkembang dan kebutuhan untuk menyajikan pengalaman pariwisata yang tidak terlupakan telah menjadi fokus utama Pariwisata Indonesia.

“Untuk itu, Institut Pariwisata Trisakti melihat kolaborasi dengan Nusameta selaku anak perusahaan WIR Group, merupakan penting agar tercipta kualitas SDM pariwisata Indonesia yang unggul dan dapat bersaing diberbagai sektor industri, selain itu harapannya kerjasama strategis juga akan berdampak pada pengembangan kurikulum pariwisata Indonesia yang terkini,” ujar Fetty.

Stephen Ng, selaku Chief Executive Officer Nusameta, mengungkapkan antusiasnya dalam menyambut kolaborasi ini.

“Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan Institut Pariwisata Trisakti dalam menyusun tantangan pariwisata masa depan yang inovatif dan imersif berbasiskan Web3. Melalui integrasi pengembangan teknologi masa depan, kami berharap solusi teknologi yang dihadirkan oleh WIR Group dan Nusameta dapat meningkatkan cara orang berinteraksi dengan destinasi pariwisata dan memperkaya pengalaman mereka,” kata Stephen Ng.

Trisakti Kembangkan Pariwisata Masa Depan Berbasis Web3

Dalam kerjasama ini Nusameta akan memberikan ruang pengembangan kurikulum pariwisata masa depan berbasiskan Web3 serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk langsung belajar terkait implementasi teknologi dari ekosistem virtual digital yang berguna bagi pengembangan bisnis digital di dalam sektor pariwisata.

Ekosistem virtual digital diyakini dapat menjadi solusi untuk mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan industri pariwisata, terutama dalam meningkatkan daya tarik wisatawan.

Lebih lanjut untuk solusi dalam bisnis digital, salah satunya yang paling terkini adalah solusi teknologi AI, di mana saat ini hampir seluruh sektor telah menggunakan AI untuk mendukung kinerja bisnisnya.

Dengan mengintegrasikan teknologi AI ke dalam pembelajaran, mahasiswa akan memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menerapkan manfaat AI dalam pengembangan bisnis secara digital.

Hal ini termasuk meningkatkan efisiensi operasional, melakukan analisis data yang lebih akurat, dan membuat keputusan yang lebih cerdas.

Baca Juga: Kampanyekan Internet Kreatif, Selular dan Smartfren Gelar Ngobral di Kampus UI

Kemitraan ini diharapkan akan menciptakan peluang baru bagi para pelaku industri pariwisata di Indonesia, termasuk hotel, restoran, operator tur, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Dengan menyatukan upaya dan menggabungkan keahlian dari masing-masing pihak, Institut Pariwisata Trisakti dan WIR Group bertekad untuk membuka babak baru dalam sejarah pariwisata Indonesia.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi imersif dan Web3, Stephen mengklaim edukasi telah menjadi visi dan misi utama Nusameta untuk memperluas adopsi penerapan teknologi.

“Dengan menghadirkan teknologi imersif dan pendekatan inovatif, kami percaya bahwa generasi muda yang terdidik melalui program studi Bisnis Digital di Institut Pariwisata Trisakti akan menjadi pelaku utama dalam membawa perubahan positif bagi masa depan pariwisata Indonesia,” tutup Stephen.

Baca Juga: WIR Kembangkan Metaverse Indonesia Dengan Teknologi AI, VR dan AR

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU