Smartphone 5G Masih Kurang Peminatnya di Pasar, Apa Alasannya?

smartphone 5G

Selular.ID – Smartphone yang sudah suport layanan 5G dipasar belum sepenuhnya banyak peminat, dikarenakan jaringan mobile broadband 5G itu sendiri yang belum merata.

Sudah satu tahun jaringan 5G beroperasi masal di Indonesia, namun banyak keluhan dari masyarakat karena masih banyak yang belum merasakan jaringan tersebut.

Mengutip dari artikel Selular.ID sebelumnya yang berjudul ‘Jaringan 5G di Indonesia Masih Belum Jelas, Ini Kata Kominfo’.

Pembicara pada saat itu Aju Widya Sari selaku Direktur Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Komunikasi informatika menjelaskan ia melihat goals dari 5G ini bukan kepada mobile broadband tetapi mengarah kepada machine to machine dan juga mengarah kepada layanan yang sangat low latensinya dimanfaatkan untuk service pada aplikasi untuk kegiatan industri.

Baca juga: Upaya Telkomsel Dalam Penggunaan 5G Private Network

Berarti layanan 5G ini diartikan banyak yang dimanfaatkan baik oleh para industri yang dipergunakan untuk alat-alat yang memerlukan kecepatan jaringan tinggi.

Namun untuk masalah jaringan mobile broadband memang belum dilakukan secara merata. maka dari itu smartphone yang sudah support layanan 5G kena imbasnya.

Kali ini Selular.ID mendatangi salah satu pasar smartphone yaitu di ITC Fatmawati.

Mall yang berada di Kawasan Jakarta Selatan ini banyaknya konsumen yang mencari smartphone namun yang dilihat bukan dari smartphone tersebut sudah support layanan 5G.

Endang pegawai toko Maxima Store di Kawasan Mall Fatmawati, ia menjelaskan “untuk pembeli banyak yang tidak mengutamakan smartphone yang sudah support jaringan 5G, tetap aja si orang mencari dari RAM yang besar, selain itu pastinya harga yang murah.”

Seperti yang tadi disebutkan bahwa belum meratanya jaringan 5G menjadikan mempengaruhi penjualan. Karena hal tersebut dirasakan jelas oleh Neity dari toko Graha Sabah Cell.

Baca Juga: realme GT Neo 3T:  Chipset 5G dan Charging Ngebut 80W Harga Rp 5 Jutaan

Neity juga menjelaskan bahwa “smartphone 5G ini jarang ada yang laku karena juga kan jaringan 5G nya itu sendiri yang belum banyak dirasakan sama masyarakat.”

“Dari segi RAM yang besar si paling orang itu mau membelinya. Masalahnya juga jaringan 4G pun masih rasanya ya sudah lumayan ya jadi orang memang ngga mentingin smartphone baru itu sudah 5G atau belum.” Tutup Neity.