Upaya Telkomsel Dalam Penggunaan 5G Private Network

Marfani Hasan

Selular.ID – Melihat sudut pandang Telkomsel dalam penggunaan 5G private network yang dimanfaatkan pada Kawasan industri dan bisnis untuk mempercepat proses transformasi digital.

Digital transfrormasi menjadi hal yang mutlak harus dilakukan harus dilakukan agar mewujudkan dari Indonesia making 4.0 dan perlu adanya kolaborasi dan Kerjasama untuk bisa mewujudkan ekosistem 5G yang baik.

5G private network merupakan jaringan 5G non-publik yang menggunakan spektrum berlisensi, tidak berlisensi, atau sharing. Jaringan ini guna menambah kemampuan dari sektor private dan mengenalkan kemungkinan baru yang tidak dapat didukung oleh sistem lain.

5G private network ini akan bisa menjadi solusi bagi industri maupun perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi untuk bisa lebih efisiensi lagi dalam operasional dan juga meningkatkan kualitas dari produk industri serta produktifitas otomatisasi bisa dilakukan dengan adanya penggunaan dan juga pemanfaatan dari 5G private network ini.

5G private network ini bisa membantu industri dalam mempercepat transformasi ke digital.

Marfani Hasan selaku VP Network Architecture and Design Telkomsel, menjelaskan Mengenai bagaimana perkembangan jaringan 5G private network di Indonesia dilihat dari sektor maupun industri.

Baca juga : Kolaborasi Telkomsel dan Angkasa Pura Hotel dalam Implementasi Digital Melalui Layanan Telkomsel Enterprise

Telkomsel sudah memfasilitasi untuk bisa mendukung terbentuknya ekosistem 5G seperti contoh yang sudah ada di Kawasan industri Jababeka.

Marfani mengatakan “telkomsel mencoba memfasitilasi breaktrought buat Indonesia, jika dilihat Indonesia masih terbelakang dengan negara lain.”

“use cases yang saat ini berkembang masih terbatas sehingga kami berusaha tetap mendorong dari project-project catalys.” Tambahnya.

Marfani juga melihat nanti use cases yang ada akan memberikan treatment yang berbeda, dan akan meletakan private network sebagai satu kesatuan solusi yang utuh. Atau juga bisa dilihat dari komitmen telkomsel bersamaan dengan enterprise yang nantinya disesuaikan dari use cases dan juga anggaran dari para costumer.

Jika melihat juga di Indonesia ini masih banyak yang belum merasakan jaringan 5G atau bisa dibilang belum meratanya jaringan 5G. dan itu adalah salah satu tantangan dari para industri terutama dari Telkomsel.

Melihat dari masalah tersebut upaya yang telah Telkomsel dalam menghadapi tantangannya dengan cara bersosialisasi kepada para industri dan juga pelaku UMKM terkait benefit yang nantinya bisa dimanfaatkan dari penggunaan teknologi 5G. agar para pelaku tersebut bisa memigrasikan sistem yang dipakai ke teknologi yang berbasis 5G.