PUBG Mobile hingga Netflix Terancam Diblokir Karena Aturan PSE Terdaftar, Free Fire Aman

Melansir laman PSE Kominfo, Kamis (23/6/2022), masih banyak aplikasi atau PSE asing yang belum terdaftar dan terancam Kominfo blokir.

Youtube, Instagram, WhatsApp, Telegram, Twitter, Google, Zoom, hingga Netflix masuk dalam daftar terancam Kominfo blokir.

Tidak hanya itu, sejumlah game hardcore seperti PUBG Mobile hingga Mobile Legends juga tidak terlihat dalam PSE terdaftar.

Sementara TikTok, Spotify, CapCut serta game Free Fire dan Arena of Valor terpantau telah terdaftar di Kominfo.

Hingga saat ini, ada lebih dari 4.500 PSE yang telah melakukan pendaftaran, meliputi 4.472 PSE domestik dan 68 PSE asing.

Dedy menyebutkan, dari total PSE itu, terdapat 2.569 PSE domestik memiliki Tanda Daftar PSE, sedangkan sisanya masih belum memilikinya.

Ia pun menginformasikan untuk PSE yang belum memiliki Tanda Daftar PSE namun telah terdaftar untuk segera pula melakukan pendaftaran ulang sebelum 20 Juli mendatang.

Sementar itu Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Samuel A Pangerapan, menjelaskan regulasi tersebut merupakan upaya Kominfo dalam mengendalikan PSE lingkup privat guna memastikan Indonesia bisa berdaulat dalam sektor digital.

Tentu PSE harus memberikan manfaat dan kenyamanan dari layanan mereka sesuai aturan yang berlaku di Indonesia.

Samuel menyebut, bagi PSE yang akan melakukan pendaftaran, dapat langsung mengakses laman oss.go.id, sebagai sistem yang telah terintegrasi dengan sistem Kominfo.

“PSE tidak lagi mendaftar ke kami tapi langsung lewat OSS,” kata Samuel melalui pernyataan resminya, Jumat (17/6/2022).

“Nanti data-data akan terintegrasi dengan sistem di Kemkominfo dan kami lakukan verifikasi,” sambungnya.

4 HP Xiaomi Harga Rp1 Jutaan yang Masih Laris hingga Bulan Juni 2022