Order Online Meningkat, Bosnet Ciptakan Sharing Distribution untuk Perusahaan FMCG

Order Online Meningkat, Bosnet Ciptakan Sharing Distribution untuk Perusahaani FMCG

Selular.ID – Hari ini, penyedia solusi distribusi produk FMCG Bosnet Distribution Indonesia memperkenalkan Bosnet Next Generation Ecosystem (Bosnet NGE).

Bagi yang belum familiar, Bosnet merupakan perusahaan yang membuat platform distribusi yang menyasar principal produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) yang ada di Indonesia.

Perusahaan sudah berdiri sejak 2012 dan diakuisisi Telkom pada tahun 2017 dan sekarang menjadi anak usaha Telkom.

Bosnet Next Generation Ecosystem merupakan sebuah platform yang dapat menghubungkan semua stakeholder dari industri FMCG agar dapat memiliki proses distribusi logistik yang terintegrasi dengan biaya yang lebih terjangkau dan transparan.

Baca Juga: Sinergi Telkom dan BKI Perkuat Digitalisasi Menuju Pembentukan Holding BUMN Jasa Survey

Ari Royce Hidayat, founder Bosnet yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri FMCG dan ritel Indonesia mengatakan, selama 5 tahun terakhir, channel online order di FMCG berkembang secara pesat, dan semua pihak yang tidak mengadopsi channel ini akan tertinggal.

Pada saat yang bersamaan, Ari menekankan, industri FMCG menghadapi tantangan besar dari sisi logistik karena biaya untuk memenuhi online order tersebut naik menjadi 4 hingga 6 kali lipat.

“Satu-satunya solusi untuk menjawab tantangan ini adalah dengan menciptakan suatu platform untuk sharing distribution yang memungkinkan prinsipal FMCG menggandakan order mereka dengan biaya yang berkurang setengahnya serta menambah keberadaan area logistik hanya dengan satu klik. Inilah alasan Bosnet Next Generation Ecosystem diciptakan,” ujar Ari pada acara perkenalan Bosnet NGE di Jakarta, Rabu pagi (22/6/2022).

Baca Juga: Telkom Raih 39 Penghargaan Asia Pacific Stevie Awards 2021

Order Online Meningkat, Bosnet Ciptakan Sharing Distribution untuk Perusahaani FMCG
Media Conference: Perkenalan BOSNET NEXT GENERATION ECOSYSTEM for FMCG Industry, 22 Juni 2022, tampak dari kiri: Bapak Ari Royce Hidayat, Founder dan Komisaris BOSNET Distribution Indonesia. Kanan: Bapak Dicky Anfiadi, CEO PT BOSNET Distribution Indonesia

Bosnet menciptakan layanan sharing logistic ke prinsipal FMCG dengan memungkinkan terhubungnya keseluruhan proses logistik dan distribusi—mulai dari order, cashless payment, hingga kemampuan untuk melakukan paylater.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012, platform ini telah digunakan oleh lebih dari 30 prinsipal FMCG dengan lebih dari 1,200 distributor dan grosir dengan transaksi yang mencapai sekitar Rp100 triliun di platform ini.

Para prinsipal FMCG di platform ini meliputi perusahaan nasional dan multinasional mulai dari industri makanan, minuman, dan kesehatan.

Dengan Bosnet Next Generation Ecosystem semua stakeholder di dalam ekosistem akan mendapatkan transparansi biaya berdasarkan transaksi yang terjadi di platform Bosnet.

Platform ini mengusung metode Software as a Service (SaaS) dimana pengguna akan merasakan kemudahan tanpa khawatir mengenai infrastruktur server pendukungnya.

Baca Juga: Aplikasi Mitra Tokopedia Khusus UKM Resmi Meluncur

Dicky Anfiadi, CEO PT Bosnet Distribution Indonesia mengatakan, “Bosnet menggunakan teknologi microsoft yang dapat mendukung ekosistem industri FMCG melalui platform Bosnet Next Generation Ecosystem.”

“Yang unik dari platform ini adalah netralitasnya. Karena platform ini dikelola oleh Bosnet Distribution Indonesia sebagai pihak yang netral, tidak akan terjadi benturan kepentingan antar prinsipal FMCG dalam ekosistem kami,” tutur Dicky.

“Para prinsipal FMCG di platform ini akan mendapatkan manfaat untuk channel pemasaran yang baru, dapat membidik market yang tepat dan jelas, memenuhi kebutuhan pelanggan online order dengan biaya logistik yang paling kompetitif,” imbuh Dicky.

Baca Juga: Perusahaan FMCG Terbesar Indonesia Buka Toko Di Marketplace

Dari sisi teknologi, platform Bosnet NGE menggunakan Microsoft Azure sebagai infrastruktur utama, dengan begitu Bosnet NGE dapat melakukan auto scale, mengikuti dinamika kondisi industri FMCG dengan deployment yang mudah.

Sebagai bagian dari ekosistem partner Microsoft di Indonesia, Bosnet mendapatkan dukungan untuk terus mengembangkan Bosnet NGE secara optimal dan dapat menjangkau berbagai perusahaan secara strategis.

Baca Juga: GudangAda Beri Solusi Digital ke Pedagang FMCG

“Bersama Microsoft, Bosnet NGE memungkinkan sharing distribution di industri tersebut. Kami berharap Bosnet dapat membantu para pihak dalam ekosistem industri FMCG untuk percepatan proses digital bisnis dan turut meningkatkan pertumbuhan industri ini,” tutup Ari Royce Hidayat.