Google Rilis Android 13 Beta 3, Ini Daftar Fitur Unik yang Ada

Selular.ID – Google telah rilis Android 13 beta 3 ke sejumlah smartphone.

Meskipun tidak ada perubahan besar dalam versi ini, mungkin itu karena versi tersebut telah mencapai versi yang stabil.

Ini berarti tidak akan ada perubahan signifikan pada API Android 13 usai Google lakukan rilis.

Pengembang dapat menyesuaikan aplikasi mereka untuk versi tersebut saat diluncurkan ke konsumen.

“Kami meminta semua pengembang aplikasi dan gim untuk memulai pengujian kompatibilitas akhir Anda sekarang dan bersiap untuk mempublikasikan pembaruan kompatibilitas Anda sesegera mungkin sebelum rilis final,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog, dilansir dari Tech Crunch, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Tinggalkan Google Maps, Grab Pakai Layanan Peta dan Navigasi Sendiri

Google merilis beta pengembang pertama pada Februari, dan membuat pengumuman penting dengan rilis beta publik kedua pada Mei di konferensi pengembangnya.

Perusahaan telah berfokus pada peningkatan privasi dan keamanan dengan versi ini.

Selain itu juga ada beberapa perubahan visual di bawah desain Material You, yang pertama kali diluncurkan dengan Android 12.

Berikut rekap beberapa fitur unik di Android 13:

1. Google akan meluncurkan varian warna yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga Anda dapat menerapkan gaya yang disesuaikan ke aplikasi.

2. Android 13 akan menghadirkan fungsionalitas warna dinamis, sehingga ikon aplikasi akan cocok dengan skema gambar latar belakang Anda di layar beranda.

3. Aplikasi sekarang harus meminta izin Anda sebelum mengirim Anda ke pemberitahuan push.

Ini berarti Anda dapat memilih apakah suatu aplikasi dapat mengirimi Anda pemberitahuan saat Anda membukanya untuk pertama kali, mencegah spam pemberitahuan.

4. Pengembang dapat menyetel aplikasi mereka untuk meminta jaringan Wi-Fi terdekat tanpa harus meminta izin lokasi.

Hal ini memastikan bahwa Anda tidak memberikan lokasi Anda dengan enggan ke aplikasi hanya dapat mengakses jaringan Wi-Fi Anda.

5. Android 13 juga akan memperkenalkan pemilih foto dan video, yang memungkinkan Anda berbagai file media tertentu dengan aplikasi tanpa harus memberi mereka akses ke seluruh perpustakaan Anda.

6. Versi Android yang akan datang juga akan memperluas kontrol granular ke sistem file.

Anda akan dapat memberikan akses ke foto & video serta musik & audio secara terpisah.

7. Aplikasi harus meminta izin Anda sebelum mengirimkan pemberitahuan push.

Ini berarti Anda dapat memilih apakah suatu aplikasi dapat mengirimi Anda pemberitahuan saat Anda membukanya untuk pertama kali, mencegah spam pemberitahuan.

8. Pengembang dapat menyetel aplikasi mereka untuk meminta jaringan Wi-Fi terdekat tanpa harus meminta izin lokasi.

Hal ini memastikan bahwa Anda tidak memberikan lokasi Anda dengan enggan ke aplikasi hanya agar dapat mengakses jaringan Wi-Fi Anda.

9.Android 13 juga akan memperkenalkan pemilih foto dan video, yang memungkinkan Anda berbagi file media tertentu dengan aplikasi tanpa harus memberi mereka akses ke seluruh perpustakaan Anda.

10. Versi Android yang akan datang juga akan memperluas kontrol granular ke sistem file. Anda akan dapat memberikan akses ke foto & video serta musik & audio secara terpisah.

11. Android 13 juga akan memiliki dukungan yang lebih baik untuk layar yang lebih besar seperti tablet dan perangkat yang dapat dilipat.

Taskbar yang diperbarui akan memudahkan untuk beralih antar aplikasi, atau menggunakan dua aplikasi dalam mode layar terbagi.

12.Ada beberapa fitur berguna seperti pintasan pencarian untuk YouTUbe, Peta, Play Store, dan Pengaturan dan menu Kontrol Privasi baru untuk izin mikrofon, kamera, lokasi, dan papan klip.

Pengumuman Google datang beberapa hari setelah Apple merilis iOS 16 beta untuk pengembang.