tSurvey Platform Survei Digital Telkomsel Janjikan Cepat, dan Akurat

tSurvey Platform Survei Digital Telkomsel Janjikan Cepat, dan Akurat
tSurvey Platform Survei Digital Telkomsel Janjikan Cepat, dan Akurat

Selular.ID – Telkomsel meluncurkan platform tSurvey.id, yang merupakan platform survei digital. Dan disebut-sebut memiliki keunggulan mudah, cepat, dan akurat.

Layanan menawarkan solusi bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Kapabilitas platform tSurvey ini diperkaya dengan data insight telco, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profil yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, dan fitur manajemen survei yang user friendly.

Wong Soon Nam Direktur Planning and Transformation Telkomsel menuturkan, peluncuran platform ini melanjutkan positioning Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler dengan melahirkan inovasi dan teknologi terdepan.

Baca Juga: Konten Orisinal MAXstream Tayang di Bioskop Kawasan ASEAN, Telkomsel Dorong Industri Kreatif Digital Go Internasional

“Juga bagian dari upaya kami untuk membantu dan memfasilitasi akademisi, profesional, LSM, dan lainnya dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan dengan mendorong penguatan kultur pengambilan keputusan berbasis data,” ujar Nam saat konferensi pers virtual, (24/5/22).

tSurvey hadir sebagai hasil dari program inkubasi internal Telkomsel InnoXtion (kini Telkomsel TINC Polaris) yang bertujuan mendukung terciptanya data-driven decision-making culture.

Telkomsel sendiri memiliki basis pengguna yang besar mencapai 170 juta orang se-Indonesia.

Terdapat pula data internet, suara, SMS yang dapat diutilisasi menjadi insight baru buat perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, terutama yang sangat mengedepankan aspek konsumer.

Sejak tahun lalu, unit bisnis Data Solution Group Telkomsel melakukan berbagai pengembangan berkelanjutan guna memastikan tSurvey menjadi platform survei digital dengan kapabilitas unggul di pasar industri market research.

Baca Juga: Transaksi MyTelkomsel Melonjak, Kerek Layanan Broadband

Kemudian, pada bulan Desember 2021 tSurvey mulai diutilitasi secara komersial dan melayani kebutuhan riset pasar bagi sejumlah perusahaan di lintas industri, seperti ride hailing, e-commerce, dan FMCG.

Salah satu pengguna tSurvey adalah Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) untuk pelaksanaan studi dan penyusunan laporan tahunan bertajuk 2022.

Studi yang dilakukan selama kurang lebih satu setengah bulan tersebut berfokus pada perilaku konsumsi masyarakat Indonesia dari berbagai aspek.

Berbasis opini dari 1.500 responden di seluruh Indonesia, tSurvey.id bersama LM FEB UI berhasil mengungkap perilaku konsumen Indonesia selama tahun 2021 dan memprediksi tren konsumsi untuk tahun 2022.

Consumer Insight Report” untuk mengetahui perilaku konsumsi masyarakat Indonesia dari berbagai aspek. Dalam proses penyusunannya, tSurvey mampu mengumpulkan 1.500 responden se-Indonesia dalam waktu satu hari.

Umumnya, dengan kuantitas tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar berkisar satu bulan, bahkan lebih.

Mia Melinda, VP Data Solutions Telkomsel menambahkan, pengguna dapat menentukan sendiri respondennya, bisa berdasarkan behaviour, konsumsi penggunaan datanya, dan sebagainya.

Baca Juga: Selamat Datang Telkomsel PayLater

Sehingga hasilnya dapat lebih akurat. Juga tidak ada batasan maksimal responden.
Kini pengembangan platform tSurvey.id masih terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam melakukan berbagai riset.

“Ke depannya, sebagai perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel konsistensi memperkuat ekosistem digital nasional dengan menghadirkan beragam solusi layanan digital inovatif yang sesuai dengan prinsip customer-centric,” tutup Mia.