Tiga Perusahaan Ini Berkolaborasi Hadirkan Fitur Masuk Akun Tanpa Password

password

Selular.ID – Google, Apple, dan Microsoft mengadopsi standar masuk tanpa password FIDO. Bertujuan untuk implementasi lintas platform, tetap menjaga keamanan lebih besar dari sebelumnya.

Dalam memperingati hari Password (06/05, Google, Apple, dan Microsoft telah umumkan upaya untuk mengadopsi masuk tanpa password di berbagai platform, dengan arus utama teknologi.

Proses masuk tanpa kata sandi telah dilakukan uji coba selama beberapa waktu, menjanjikan peningkatan keamanan dan kenyamanan.

Meskipun ada upaya untuk mempercepat penggunaan teknologi, adopsi bersama oleh Google, Apple, dan Microsoft merupakan satu langkah maju terbesar.

Baca Juga: Google Simpan Satu Juta Lebih Aplikasi Berbahaya di Play Store

Terlebih lagi, ketiga perusahaan telah berkomitmen untuk memastikan implementasi mereka kompatibel satu sama lain.

Sebenarnya kata sandi telah menjadi metode keamanan default sejak hari-hari awal komputasi, kata sandi rentan terhadap pencurian dan penyalhgunaan.

Dalam banyak kasus, yang harus dilakukan peretas hanyalah mengatasi kata sandi pengguna untuk mendapatkan akses ke layanan yang sesuai.

Karena banyak orang menggunakan kembali kata sandi di seluruh layanan, bahkan satu kata sandi yang disusupi dapat membuka pintu bagi banyak serangan.

Jika peretas mendapatkan akses ke kata sandi yang digunakan pengguna untuk aplikasi atau layanan manajemen kata sandi, hasilnya benar-benar berbahaya.

Baca Juga: Dampak China Lockdown, Apple Alami Gangguan Produksi Hingga Q-3 2022

Sebaliknya, masuk tanpa kata sandi pada dasarnya menggunakan ponsel seseorang sebagai kunci perangkat keras.

Nantinya Ponsel akan menyimpan kunci sandi FIDO, yang juga dicadangkan secara online. Untuk masuk ke komputer atau situs web, pengguna akan diminta untuk membuka kunci ponsel mereka.

Proses membuka kunci ponsel memberi mereka wewenang untuk menggunakan komputer atau situs web yang bersangkutan.

Sebagai manfaat tambahan, bahkan jika seseorang kehilangan ponselnya, mereka dapat dengan mudah melanjutkan dari aktifitas terakhir dengan yang baru, berkat kunci sandi yang dicadangkan secara online.

Pada saat yang sama, karena kunci sandi menggunakan standar kriptografi modern, keamanan transaksi tetap terjaga selama proses berlangsung.