Sertifikasi FCC, Apple Kembangkan Network Adapter dengan Chip Silicon

Sertifikasi FCC, Apple Kembangkan Network Adapter dengan Chip Silicon
Sertifikasi FCC, Apple Kembangkan Network Adapter dengan Chip Silicon

Selular.ID – Dokumen Federal Communications Commision FCC, menunjukan bahwa Apple tengah mengajukan sertifikasi untuk produk Network Adapter dengan dukungan chip Apple Silicon.

Network Adapter Apple ini memiliki nama kode A257 dan kemungkinan akan menjalankan sistem operasi iOS.

Dalam konteksi produk baru Apple, dokumen FCC mengungkapkan bahwa Apple telah mengirim unit sampel perangkat yang disebut dengan Network Adapter ke lembaga pada 22 Januari 2022.

Sayangnya, tak ada detail gambar ataupun ilustrasi tampilan dari Network Adapter Apple. Kendati tak ada gambar, dokumen tersebut membagikan beberapa detail seputar jeroan hardware yang digunakan Apple di Network Adapter.

Baca Juga: Apple Kini Mulai Uji Coba iPhone dengan USB-C

Network Adapter Apple disebut memiliki 2 port Gigabit Ethernet, anthena Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC. Apple juga menambahkan port USB Type-C di perangkat Network Adapternya.
Menariknya, FCC juga menunjukan bahwa Network Adapter Apple memiliki 2 versi.

Network Adapter Versi pertama dibekali penyimpanan internal 32GB dan RAM 1,5GB.
Sedangkan Network Adapter kedua dibekali penyimpanan internal 32GB, RAM 1GB, dan USB Type-C.

Berdasarkan dokumen FCC, Network Adapter Apple menjalankan firmware “19F47″yang merupakan versi internal awal dari iOS 15.5.

Perangkat ini dimaksudkan untuk dihubungkan ke komputer host dan menerima dayanya melalui port USB-A selama penggunaan normal.

FCC menguji perangkat dengan menghubungkannya ke iMac, tetapi selain itu, tidak ada detail lain yang diberikan, dan Apple telah meminta perjanjian kerahasiaan yang berlaku hingga November 2022.

Baca Juga: Apple Dapat Gugatan Akibat AirPods yang Merusak Gendang Telinga Anak 12 Tahun

Pertama, perangkat tampaknya kurang mendukung standar jaringan nirkabel 802.11ac. Juga dikenal sebagai Wi-Fi 5, 802.11ac diumumkan pada tahun 2014 dan telah digantikan oleh Wi-Fi 6, yang sudah didukung di iPhone, iPad, dan MacBook yang lebih baru.

Kedua, perangkat hanya menggunakan pita Wi-Fi 2,4GHz, sedangkan sebagian besar router komersial modern dan perangkat Apple konsumen mendukung pita 2,4GHz dan 5GHz, dengan spektrum 5GHz biasanya menawarkan kinerja terbaik.

Misalnya, pemancar AirPort Extreme generasi keenam yang dihentikan beroperasi pada pita radio 2,4 GHz dan 5 GHz.

Terakhir, perangkat dimaksudkan untuk menerima kekuatannya melalui port USB-A selama penggunaan normal.

Dikarenakan Apple telah mengganti USB-A dengan konektivitas USB-C di semua MacBook dan iMac, dan gagasan bahwa Apple akan meluncurkan perangkat konsumen dengan port lama sebagai konektor utama tidak realistis.

Apple secara resmi mengakhiri pengembangan lini produk AirPort pada tahun 2018, dan sejak itu perusahaan telah menjual router pihak ketiga.

Baca Juga: Apple Dapat Gugatan Akibat AirPods yang Merusak Gendang Telinga Anak 12 Tahun

Apple memiliki banyak perangkat bersertifikasi FCC yang hanya ditujukan untuk penggunaan internal, dan pengajuan ini kemungkinan besar terkait dengan perangkat lain yang termasuk dalam kategori tersebut.

Hingga kini Apple juga memberikan konfirmasi mengenai rencana pengembangan Network Adapter tersebut.