Pasar Smartphone Diprediksi akan Menurun di 2022

Pasar Smartphone Diprediksi akan Menurun di 2022
Pasar Smartphone Diprediksi akan Menurun di 2022

Selular.ID – Pengiriman smartphone di kuartal pertama (Q1) 2022 dinilai cukup rendah.
Hal itu kemungkinan akan berlanjut di kuartal kedua selanjutnya. Melihat hal itu Trendforce memprediksi kalau pasar smartphone diprediksi mengalami penurunan di tahun 2022.

Faktor utamanya adalah Covid-19 yang melanda China dan juga inflasi. Sehingga memengaruhi ekonomi secara umum, yang menyebabkan lebih sedikit orang yang membeli smartphone baru.

Negara ini diperkirakan akan mengalami penurunan tajam 13% dibandingkan tahun lalu. Trendforce menyebutkan alasan penurunan pasar smartphone di 2022 ini termasuk di dalamnya akibat lockdown covid yang terjadi di China, terutama di Shanghai, yang menyebabkan lajur perekonomian dan manufaktur terhambat.

Baca Juga:Sulitnya Memutus Dominasi Apple dan Samsung di Pasar Smartphone Premium

Secara keseluruhan, pangsa pasar penjualan pasar ponsel pintar China masih menempati urutan pertama di dunia tetapi, karena dampak pandemi, pangsa pasarnya telah turun dari 24,2% tahun lalu menjadi 21,1% penurunan tahunan sekitar 12,9%.

Kemudian diikuti oleh India dengan 13,1% dari semua pengiriman, dengan Amerika Serikat di urutan ketiga dengan 11% adapun perkiraan produksi total smartphone untuk sepanjang 2022 adalah 1,333 miliar unit.

Baca Juga:Di Luar Ekspektasi, Pasar Ponsel Bekas Tumbuh 15% selama 2021

Namun disebutkan juga bahwa angka ini belum final karena masih berupa prediksi, sehingga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari situasi global yang terjadi saat ini.