Tokopedia Now dan Nyam Berjaya di Ramadan Ekstra 2022

Tokopedia Now dan Nyam Berjaya di Ramadan Ekstra 2022
Tokopedia Now dan Nyam Berjaya di Ramadan Ekstra 2022

Selular.ID – Selama Ramadan 2022, masyarakat telah memenuhi berbagai kebutuhan melalui Tokopedia Ramadan Ekstra. Dan dalam momen Ramadan 2022, Tokopedia Now dan Nyam, disebut-sebut sangat diandalkan kebanyakan penguna Tokopedia.

Hal ini dapat dilihat transaksi dikedua kategori ini, meskipun tak menyebut nilainya, namun menurut Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia baru-baru ini, madu, kue kering dan kopi adalah produk makanan dan minuman terlaris di Tokopedia Nyam.

Sedangkan mie instan jadi menu penyelamat sahur favorit di Tokopedia Now. Menurutunya, animo masyarakat dalam berbagi serta beribadah dari rumah selama Ramadan pun terus meningkat.

Dikatakan Ekhel, Tokopedia Nyam bertujuan membantu para pegiat usaha di Indonesia yang berkecimpung di industri makanan dan minuman, terutama Usaha Menengah Kecil Mikro, (UMKM), dalam mempertahankan bisnis dengan beradaptasi di tengah pandemi lewat pemanfaatan kanal digital.

“Hal ini didorong juga dengan banyaknya kampanye lainnya sehingga mendorong Makanan dan Minuman, Fesyen dan Rumah Tangga menjadi kategori favorit masyarakat,” ungkap Ekhel baru-baru ini.

Di sisi lain, penjualan perlengkapan ibadah melonjak hampir 4 kali lipat. Kerudung, gamis dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim paling banyak diburu masyarakat.

Tak hanya itu, menurut Ekhel donasi, zakat, wakaf dan fidyah di Tokopedia erkumpul lebih dari Rp15 miliar di Tokopedia

Dan berkaitan dengan tren saling mengirim parsel, jenis parsel yang kerap dikirim masyarakat lewat Tokopedia Parsel Ramadan adalah kue kering, perlengkapan ibadah dan perawatan tubuh. Jarak terjauh untuk pengiriman parsel adalah dari Pekanbaru ke Jayapura.

Pipiltin Cocoa, besutan Tissa Aunilla dan Irvan Helmi, merupakan contoh UMKM lokal yang memanfaatkan momen Ramadan untuk mendongkrak penjualan. Bisnis mereka memberdayakan lebih dari 2.000 petani cokelat lokal dari Aceh hingga Papua.

“Penjualan Pipiltin Cocoa meningkat lebih dari 3 kali lipat berkat kampanye Tokopedia Parsel Ramadan,” ungkap Tissa dan Irvan.