Ini 5 UMKM Terbaik Telkomsel yang Siap Go Digital

UMKM Telkomsel DCE Tangan Dia

Selular.ID – Telkomsel mengumumkan 5 UMKM terbaik program Digital Creative Entrepreneurs (DCE).

Rangkaian program aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) itu telah berlangsung sejak November 2021 dan kini telah mencapai puncaknya.

Selain memasuki hari terakhir DCE Virtual Exhibition yang diikuti oleh 150 peserta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam acara puncak tersebut Telkomsel turut mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada 5 peserta terbaik yang berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total Rp200 juta.

Puncak program DCE tersebut disiarkan live secara eksklusif di aplikasi MAXstream, Vidio, situs Sinergi untuk Negeri, dan Virtual Exhibition DCE, pada Rabu (20/4).

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, “Telkomsel berharap DCE dapat memberikan dampak nyata pada pemberdayaan UMKM sehingga menjadi smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dalam mengembangkan potensi bisnisnya.”

Baca Juga: Mitra Reseller dan UMKM Kini Bisa Akses KUR Syariah dari Telkomsel

Dalam awarding ceremony, Telkomsel mengumumkan empat UMKM peserta yang berhasil menjadi terbaik dalam program DCE 2021 di setiap kategorinya adalah:

  • Best of The Best diraih Tangan Dia (Kab. Gowa, Sulawesi Selatan)
  • Ketagori Kriya diraih Kailoka (Kota Bandung, Jawa Barat)
  • Kategori Fashion diraih RSthelabel (Surabaya, Jawa Timur)
  • Kategori Makanan dan Minuman diraih Mbrebes Mili Food (Depok, Jawa Barat)
  • Kategori Mikro diraih Kain Indonesia Co (Jakarta)

Seluruh peserta UMKM tersebut berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total Rp200 juta.

UMKM Telkomsel DCE Tangan Dia_02
Credit: Instagram TanganDia

Baca Juga: Telkomsel Dorong UMKM Surakarta Memanfaatkan Teknologi Digital

Pada penyelenggaraannya, program DCE membuka peluang bagi UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, kerajinan tangan, fesyen, dan usaha mikro.

Dari sebanyak 911 pelaku UMKM yang mendaftar dari 34 provinsi dan 200 kota/kabupaten, DCE memilih 150 pelaku UMKM berdasarkan aspek produk, legalitas, finansial, digital, dan kreativitas untuk mengembangkan kapabilitas di intimate session dan workshop.

Selajutnya, para peserta diseleksi menjadi 20 besar terbaik untuk dibimbing oleh para mentor dari tim 99%Usahaku, Kuncie, dan MyAds.

UMKM Telkomsel DCE Kailoka
Credit: Instagram Kailoka

Kemudian 9 peserta terbaik berhak masuk sebagai finalis untuk mengikuti Virtual Exhibition DCE.

Puncaknya, dari jumlah tersebut terpilihlah 4 peserta terbaik di setiap kagetori dan 1 peserta Best of The Best DCE yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi di antara seluruh peserta DCE 2021.

Baca Juga: Dukung UMKM Perluas Pasar, Telkomsel dan Gojek Integrasikan Layanan Iklan Digital

Adapun sebanyak 150 pelaku UMKM yang terpilih untuk mengikuti sourcing initiative program DCE didominasi berasal dari Jawa-Bali dan Nusa Tenggara (40 pelaku UMKM), Sumatra (37 pelaku UMKM), Papua-Maluku-Sulawesi-Kalimantan (37 pelaku UMKM) dan Jabodetabek (36 pelaku UMKM).

UMKM Telkomsel DCE Kain Indonesia Co
Credit: Instagram Kain_Indonesia_Co

Besarnya minat masyarakat dan pelaku UMKM pada program DCE juga terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung Virtual Exhibition yang terus meningkat setiap harinya.

Sejak dimulai perdana pada 24 Maret 2022, tercatat jumlah pengunjung terus meningkat mencapai lebih dari 3.000 pengunjung pada 4 April 2022.

Baca Juga: Gelar Pameran Virtual, Telkomsel Ajak 150 UMKM Lokal Melesat Dengan Digital

“Kami berharap, seluruh peserta UMKM, baik yang berhasil masuk hingga tahap final maupun tidak, dapat benar-benar mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari selama bergabung di talent sourcing initiatives program DCE, sehingga mampu untuk terus berkembang dan memajukan usaha,” pungkas Sigit.