Industri Musik Tanah Air Masuki Dunia Metaverse

Industri Musik Tanah Air Masuki Dunia Metaverse

Selular.ID – Sebagaimana terjadi di sejumlah industri lain, digitalisasi juga tumbuh pesat di industri musik Indonesia.

Mulai dari perusahaan rekaman, artis dan musisi hingga pencipta lagu harus bisa beradaptasi dengan tren digital agar tidak terlibas zaman.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal 2020 juga turut mengakselerasi adopsi teknologi dalam industri musik.

Hampir seluruh penjualan musik kini terjadi di platform streaming dan hanya menyisakan sedikit kue penjualan di pasar fisik.

Para artis dan musisi juga semakin terbiasa menggelar konser maupun pertunjukan secara online sehubungan dengan adanya pembatasan kontak fisik.

Sebagai terobosan dalam pemasaran dan distribusi hasil karya anak bangsa, label rekaman Sun Eater berkolaborasi dengan WIR Group -perusahaan teknologi berbasis AR, VR, dan AI, membuat lompatan digital dengan hadir di platform metaverse.

Baca Juga: Metaverse Tidak Memikat Hati Elon Musk, Kenapa?

“Bagi kami, sebagai perusahaan label rekaman dan perusahaan musik, inovasi serta pengembangan kreativitas sangat diperlukan untuk menentukan perkembangan musisi yang dinaunginya,” kata Kukuh Rizal CEO Sun Eater.

“Bergabungnya kami di platform metaverse merupakan suatu terobosan sekaligus lompatan digital untuk menjadikan Sun Eater sebagai perusahaan label rekaman yang terdepan dalam kompetisi industri musik di Indonesia untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi penikmat musik di Tanah Air,” imbuh Rizal.

Dia menambahkan, melalui platform metaverse, Sun Eater dapat membawa pembaharuan dan angin segar bagi industri musik dan rekaman, yang memungkinkan label melakukan berbagai inovasi dan kreativitas di bidang pemasaran dan distribusi karya-karya musik maupun proses rekaman, sehingga dapat mendukung pengembangan industri musik itu sendiri.

“Misi kami, industri musik Indonesia tidak hanya bisa dinikmati oleh pendengar di Tanah Air, namun juga dunia. Ini tentunya menjadi tantangan bagi kami,” kata Rizal menekankan.

Baca Juga: Alfamart Masuk Metaverse

Halaman berikutnya

Penggunaan konser online dan animasi sudah umum digunakan..