Rahasia Telkomsel Kelola Big Data Demi Tingkatkan Layanan

Vice President Data Solution Telkomsel Mia Melinda (kanan)
Vice President Data Solution Telkomsel Mia Melinda (kanan)

Selular.ID – Berikut rahasia Telkomsel kelola big data demi tingkatkan layanannya.

Rahasia Telkomsel kelola big data ini, Vice President Data Solution Telkomsel Mia Melinda ungkapkan saat acara Webinar Selular Congress 2022.

Webinar Selular Congress 2022 ini berlangsung selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (29-31/3/2022) dalam tujuh sesi.

Saat ini, Big Data telah publik gunakan dalam banyak bisnis perusahaan.

Hal ini karena big data bisa publik gunakan untuk analisis wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan strategis bisnis yang lebih baik.

TONTON JUGA:

Mia Melinda VP Data Solution Telkomsel mengakui big data digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.

Mia memaparkan, Telkomsel saat ini punya lebih dari 170 juta pelanggan di Indonesia dan 90 persennya telah terbiasa dengan digital.

Baca juga: Telkomsel Targetkan 96 Persen Perluasan Jaringan 4G di 2022

Dengan data tersebut, Telkomsel kini mengelolanya lebih baik dengan berbagai cara.

Tahapan mengelola big data

Satu di antara tahapan mengelolanya yakni, data yang ada lalu dibentuk berupa insight untuk memberikan bisnis yang baik.

“Dari data yang ada, kita bentuk insight platform. Di dalamnya kita perlu memastikan insightnya sesuai dengan pasar, dan bagaimana cara mendelivery-nya,” ucap Mia Melinda di Selular Congress 2022 pada Selasa (29/3/2022).

Tak sampai disitu, Mia menjelaskan, insight tersebut nantinya diolah lagi sesuai dengan platform yang akan digunakan.

“Selain itu, kami juga menyesuaikan insight yang bisa dipahami banyak orang dan sesuai platform,” tegas Mia.

Mia menilai, pemanfaatan big data ini membuat pengalaman pelanggan lebih baik.

Misalnya saja informasi big data membantu petugas di bagian pelayanan pelanggan dapat memberikan informasi bagi pelanggan lebih cepat.

Data yang penyedia telekomunikasi tawarkan, dapat publik gunakan pada lini bisnis vertikal untuk membantu pertumbuhan perusahaan.

Sebab, data yang hadir dapat membantu pelaku bisnis untuk mengetahui posisi pasarnya dari kompetitor.

“Digitalisasi harus didorong bersama, artinya semua pihak perlu mendukung. Pengambilan keputusan di digital penting dilakukan, di sini data sangat diperlukan,” papar Mia.

Baca juga: Telkomsel Targetkan 96 Persen Perluasan Jaringan 4G di 2022