Melihat Kekuatan Baru Cloud Bagi Perkembangan Era 5G dan 6G Mendatang

Apakah 5G membuat baterai HP boros?
Apakah 5G membuat baterai HP boros?

Selular.ID – Gencarnya pembangunan jaringan 5G di seluruh dunia saat ini mendorong terciptanya layanan-layanan baru yang membawa transformasi pada cara bekerja dan dalam kehidupan sehari-hari bagi perkembangan era 5G, dan 6G mendatang.

Sanjay Uppal, senior vice president and general manager, Service Provider and Edge, VMware, mengungkapkan bahwa pendekatan multi cloud yang diterapkan oleh VMware cukup membantu pelanggan dalam menghadirkan sesuatu yang unik di era digital yang sarat dengan dinamika

“RAN, edge maupun cloud, yang memungkinkan dihadirkannya layanan-layanan canggih yang akan mendorong bisnis mereka makin melesat jauh ke depan.”ujar Sanjay Uppal, dalam media briefing yang digelar secara onlne, (2/03/22).

Dan di ajang Mobile World Congress 2022 (MWC) Barcelona, VMware turut ambil bagian.
VMware mengumumkan sejumlah inovasi di ranah aplikasi-aplikasi modern, yang berhubungan dengan teknologi 5G atau masa depan era digital, seperti RAN, hingga edge.

Baca Juga: VMware Andalkan Solusi Cloud Teranyar

Transisi RAN
Lebih jauh Sanjay Uppal menjelaskan, bahwa tak sedikit penyedia layanan yang tengah dalam proses transisi dari vRAN menuju Open RAN. Bahkan, sebagian yang lain juga tengah gencar dalam membuat perencanaan terkait ini.

Pada infrastruktur O-RAN, RAN Intelligent Controller atau RIC menjadi host bagi aplikasi-aplikasi yang mendukung beragam kapabiltas baru, seperti automasi, optimalisasi jaringan dan kustomisasi layanan. Kini produk ini telah tersedia secara luas.

Untuk mewujudkannya, mereka berkolaborasi dengan sejumlah vendor RAN agar proses tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini.

Yakni HCL, menyediakan dukungan untuk VMware Telco Cloud – 5G Core dan VMware Telco Cloud RAN. Dan Samsung untuk merampungkan proses pengujian vRAN software (vDU, vCU) miliknya di Telco Cloud Platform.

Proses ke Edge
Termasuk dalam menjadikan private 5G sebagai fondasinya. Salah satu wujud komitmen tersebut, terjalinnya kemitraan antara ASOCS, Druid dan VMware yang bersama-sama meluncurkan desain untuk jaringan private mobile.

Berkat ini, kini pelanggan bisa menikmati keamanan, ketangguhan, serta konektivitas 5G di edge. ASOCS CYRUS RAN dan Druid Raemis Core, yang telah dijalankan di VMware Edge Compute Stack, kini mampu menghadirkan solusi Private 5G.

Ada lagi bentuk kemitraan yang lain. STL, ASOCS dan VMware bersama-sama memperkenalkan solusi 5G untuk pelanggan enterprise yang menawarkan infrastruktur RAN baik yang on-premise, sudah tevirtualisasikan secara penuh, maunpun Open RAN.

Baca Juga: Qualcomm Ungkap 10 Inovasi Untuk Tingkatkan portofolio Evolusi 5G Ke 6G

Para penyedia layanan juga akan menambahkan VMware SASE ke dalam portofolio solusi terkelola milik mereka sebagai bentuk dukungan kepada pelanggan agar dapat berinovasi di edge dengan cepat.

BT nantinya akan menawarkan solusi VMware SASE kepada pelanggan globalnya dalam bentuk layanan terkelola, yang memadukan kapabilitas di bidang jaringan serta teknologi VMware dalam menghadirkan keamanan secara mendalam.

Halaman Selanjutnya

Kemudian MetTel nantinya akan menawarkan solusi SASE…