Fokus Bangun Ekosistem Digital RI, Erick Thohir Pantau Indico

Ekosistem Digital

Selular.ID – Telkomsel tampaknya kian serius memupuk ekosistem digital Tanah Air, sekedar informasi pada awal tahun operator plat merah ini membentuk PT.Telkomsel Ekosistem Digital, dan kini komitmen semakin kuat dengan kembali meluncurkan Indico, anak usaha yang disiapkan untuk mengakselerasi ekosistem digital Indonesia.

Merespon hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan apresiasinya terhadap langkah Telkomsel tersebut.

“Saya yakin akan tertinggal jika bediam diri hari ini, first wave datang dengan cepat, dan kita tidak lagi bicara second wave, tapi kita sudah bicara third wave. Karena itu penting sekali Telkom grup memastikan perubahan strategi besar. Dan kini transfomasi sudah terlihat, bagaimana mereka kini fokus ke Business to Business (B2B),” terang Erick, dalam acara peluncuran Indico, Kamis (10/3).

Baca juga: Dorong Pemanfaatan Ekosistem Digital, Mastel Desak Pembentukan UU Konvergensi Telematika

Erick menekankan, digitalisasi kini memiliki peranan penting, terlebih di krisi Kesehatan, krisi geo politk di Eropa yang tengah berlangsung saat ini.

“Ini menjadikan Indonesia berada di posisi yang tepat. Semua negara melihat Indonesia, ini era Indonesia, apalagi digital ekonomi kita pertumbuhanya akan meningkat di 2025 masih diangka yang sangat bagus, yaitu sekitra 17 triliun lebih, ini akan terus meningkat jika berani bertrasformasi,” lanjutnya.

Merespon soal Telkomsel yang meluncurkan Indico, Erick memastikan akan siap memantau disetiap perkembanganya.

“Saya mau melihat seperti apa hasilnya di 6 bulan mendatang. Seperti apa trobosanya dari Indico, jadi bukan sekedar launcing, wancana saja. Harus dipastikan hal kongkritnya disetiap 3 bulan harus di review, jika ada kesulitan saya siap bantu,” tegasnya.

Hal ini tentu menjadi penting, pasalnya Erick melihat ada sebuah transformasi yang luar biasa dari Telkomsel.

“Karena di era transformasi ini kita tidak boleh terus berpuas diri dengan kondisi yang ada, mengingat perubahan selalu terjadi. Dan Indico dapat membangun sebuah ekosistem yang diharapkan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi digital nasional. Karena itu, Indico harus menjadi aggregator besar untuk pertumbuhan digital ekonomi versi Indonesia,” sambungnya.

“Sebagai bangsa besar, kita harus mempunyai ekosistem dan roadmap sendiri karena dunia Indonesia bukanlah dunia orang lain. Kita harus memastikan ekosistem ini yang menang, maka dari itu perlu inovasi dan transformasi,” tutupnya.

Baca Juga: Menkominfo dan Huawei Siapkan Infrastruktur 5G di IKN

Halaman Selanjutnya

Sekedar tambahan, Indico pada gelombang pertama akan fokus…