Google Siapkan Laptop Chromebook Gaming Dengan Keyboard RGB lengkap

Google Siapkan Laptop Chromebook Gaming Dengan Keyboard RGB lengkap
Google Siapkan Laptop Chromebook Gaming Dengan Keyboard RGB lengkap

Selular.ID – Google dilaporkan tengah menyiapkan laptop khusus Chromebook gaming, dengan keyboard RGB lengkap. Produsen laptop seperti HP hingga Lenovo dikabarkan turut terlibat proyek tersebut.

Bocoran Chromebook baru ini dimulai dengan kehadiran fitur keyboard RGB ala laptop gaming lainnya. Dari kode yang dilaporkan 9to5Google, ada flag baru yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dukungan keyboard RGB.

Pengguna bisa mengubah insentias warna keyboard seperti merah, hijau, dan biru. Mereka juga bisa mengatur tingkat kecerahan backlight keyboard.

Saat ini fitur tersebut baru tersedia lewat internal command untuk diuji coba oleh developer, tapi kemungkinan akan segera hadir di laptop baru. Kabar yang berkembang dukungan RGB ini memang untuk perangkat baru, bukan keyboard Bluetooth atau USB eksternal.

Baca Juga: MediaTek Umumkan Chipset untuk Chromebook Premium, Kompanio 1380

Belum diketahui vendor apa saja yang akan terjun meluncurkan Chromebook gaming pertama. Tapi desas desus menyebutkan, seperti dilaporkan tiga perangkat misterius dengan kode Vell, Taniks, dan Ripple.

Vell merupakan perangkat yang ditenagai oleh prosesor Intel 12th gen Alder Lake yang dibuat oleh Quanta, dan karyawan yang menyumbangkan kontribusi terbesar untuk Vell juga membantu HP meluncurkan laptop terbarunya. 9to5Google memperkirakan HP akan merilis Chromebook khusus gaming sebagai bagian dari lini laptop Omen.

Taniks adalah sistem yang dikembangkan oleh LCFC, yang merupakan bagian dari manufaktur untuk Lenovo. Laptop Chromebook khusus gaming ini diduga akan menjadi bagian dari lini Lenovo Legion.

Sementara itu belum banyak yang diketahui soal perangkat dengan kode Ripples. Sepertinya perangkat ini akan mengusung form factor berupa tablet dengan keyboard yang bisa dilepas pasang, mirip seperti Google Pixel Slate.

Baca Juga: Sempat Mundur, Google Kembali Terjun ke Perangkat Tablet?

Pengembangan Ripples saat ini masih dalam tahap awal. Tapi kemunculan kode ini mengindikasikan bahwa tablet/detachable Chromes OS yang dikhususkan untuk gaming akan hadir dalam waktu dekat.

Kehadiran Chromebook gaming ini diperkirakan bakal menarik minat konsumen yang ingin bermain game tanpa perlu mengeluarkan biaya 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 jutaan untuk membeli laptop khusus gaming.