2 Seri Smartphone Ini Naik Harga, Berdampak Sepi Peminat

Harga Naik
ITC DEPOK (Foto: Selular/Wildhan)

Selular.ID – Penjualan smartphone saat ini sedang mengalami fluktuasi, faktor dari diberlakukannya PPKM. Selain itu juga disebabkan oleh beberapa harga produk yang naik.

Februari ini adalah menjadi bulan di 2022 ramainya kasus dari pandemi covid-19, karena adanya varian baru Omicron.

Karena jumlah penduduk di Indonesia yang terinfeksi virus tersebut semakin berjibun, seperti wilayah Depok berdasarkan data dari Pusat Informasi & Kordinasi ada 31.000 pasien Covid yang aktif.

Hal itu juga terlihat seperti dikawasan ITC Depok yang terlihat sepi, apalagi di lantai 2&3 yang menjadi pusat penjualan smartphone dan elektronik lainnya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Smartphone Oppo A Series, Worth to buy di 2022

Beberapa toko smartphone memang terlihat sedang melayani beberapa kostumer, tapi lebih banyak sepi dibanding bulan Januari lalu.

Penulis berkesempatan mengunjungi toko smartphone terbesar di ITC Depok yaitu Polindo Cell, yang sekaligus bertemu dengam owner-nya yaitu Hisar.

Hisar mengungkapkan sikap konsumen saat ini, masih sama seperti tahun lalu yang mencari smartphone dengan harga terjangkau harga sekitar 1 sampai 2 jutaan.

Pemiliki toko smartphone Polindo Cell tersebut mengungkapkan Xiaomi yang saat ini naik harga kurang begitu diminati konsumen.

Baca Juga: Tiga Smartphone Terbaru yang Siap Meluncur Bulan Ini, Redmi K50 Gaming Salah satunya!

Ia juga berterus terang sebagai pedagang hanya bisa mengikuti aturan. Jika produk tersebut terbilang sepi, Hisar akan menawarkan konsumen produk yang sedang banyak diminati.

Ada 2 Seri dari Xiaomi yang mengalami kenaikan harga, diantaranya ada Redmi 9A RAM 2GB, Redmi 9 A RAM 3GB, Redmi 9C RAM 3GB, dan 9C RAM 4GB.

“Nah ada 2 tipe Xiaomi lagi naik harga, udah naik harga gabegitu laku jadi ya saya gabisa apa-apa, saya sih Cuma ngikutin ajah tipe HPnya tuh adan 9A RAM 2, 9A RAM 3, 9C RAM 3 sama 9C RAM 4 (GB).” Ungkap Hisar

Padahal sejak awal rilis di Indonesia Redmi 9A dan Redmi 9C merupakan smartphone Xiaomi terlaris pada kuartal II-2021 berdasarkan riset Counterpoint.

Tapi faktanya saat ini, kedua seri tersebut mengalami penurunan penjualan di awal 2022.