Xiaomi Hapus Fitur RAM Expansion Pada Redmi K40 dan Mi 11 Ultra?

Xiaomi

Selular.ID – RAM Expansion (Virtual RAM) adalah salah satu fitur populer saat ini beberapa merek smartphone yang bisa menambah kapasitas RAM dari ROM, yang dimiliki Xiaomi melalui pembaruan sistem operasi MIUI 12.5 telah hilang pada model smartphone Mi dan Redmi.

Kabar tentang di hapusnya fitur RAM Expansion, di laporkan oleh @Xiaomiui, Xiaomi akan menghilangkan pada berapa perangkat diantaranya Mi 11 Ultra, Redmi K40, dll dengan pembaruan setelah pembaruan ke Android 12 namun hanya seri Mi 10 yang masih gunakan fitur ini.

Baca Juga: Xiaomi 12 Ultra Akan Memiliki Lensa Telefoto Periskop 5x

Tidak jelas apakah Xiaomi sengaja menonaktifkan fungsi dari beberapa perangkatnya atau hanya kelalaian. Either way, kami berharap untuk segera mengetahuinya, dan selain itu, karena fungsi tersebut tidak serta merta meningkatkan kinerja perangkat Anda, kami rasa Anda tidak perlu khawatir tentang itu.

Pengguna kedua perangkat smartphone tersebut adalah pihak yang dirugikan, setelah hadirnya kedatangan Android 12, yang berarti pengguna   Mi 11 Ultra dan Redmi K40 tidak akan lagi memiliki kemampuan untuk memperluas RAM hingga 3 GB.

Pengembang akan menghapus fungsi ini di pengaturan telepon dengan lompatan ke Android 12 dan untuk saat ini alasan perubahan ini tidak diketahui. Jika itu bisa menjadi sesuatu yang sementara yang kembali setelah beberapa saat atau jika itu akan menjadi keputusan akhir. Yang benar adalah karena kedua model memiliki banyak RAM, perusahaan tidak melihat fungsi ini berguna … tetapi alasan perubahannya tidak jelas.

Baca Juga: Dua Smartphone Xiaomi Kantongi Sertifikasi FCC, Bawa Spesifikasi Handal

Berdasarkan kabar dari pembocor ternama Kacper Skrzypek fitur ram expansion yang di hapus di perangkat Xiaomi digantikan dengan yaitu Memory Extension. Dengan pembaruan MIUI 12.5 atau yang lebih baru, fitur ini masuk ke banyak smartphone Mi, Redmi, dan POCO.

Namun belum diketahui kenapa Xiaomi melakukan hal tersebut, tapi perlu diketahui cara kerjanya Memory Extension, dengan melakukan ekspansi yang bisa meningkatkan kapasitas RAM sebanyak 7GB. Artinya rata-rata smartphone 4GB bisa mendapatkan kapasitas RAM sebanyak 11GB.