Top 5 India: Realme Melesat, Xiaomi Berkuasa

realme RAM 4GB

Selular.ID – Realme telah melengkapi pasar smartphone India sejak debutnya pada 2018. Menawarkan berbagai ponsel murah dan bersaing dengan Samsung dan Xiaomi. Sepertinya perusahaan membuat beberapa langkah besar di Q4 2021 di sana.

Data Canalys menunjukkan Realme mencapai nomor tiga di Q4 2021, mencapai 7,6 juta unit yang dikirim dan pangsa pasar 17%. Brand menjadi satu-satunya merek di Top 5 yang mengalami pertumbuhan tahun-ke-tahun di kuartal ini (49%).

Ini juga pertama kalinya Realme mencapai tiga besar di India. Bahkan, Realme sangat dekat dengan pemain kedua Samsung. Merek Korea mencapai pangsa pasar 19% dan 8,5 juta unit dikirimkan (penurunan tahunan 7%).

Tetapi Samsung, mengancam Xiaomi yang berada di posisi teratas, yang mengalami penurunan tahunan 22% pada kuartal tearkhir 2021 dengan raihan pangsa pasar 21% dan pengiriman 9,3 juta unit.

Meski terdengar tidak mungkin, tetapi Realme bisa saja melewati Samsung dan Xiaomi untuk posisi nomor satu jika dua pemain mapan itu memiliki kuartal yang sama buruknya dan Realme mempertahankan momentumnya.

Baca Juga: Canalys: Top 5 Vendor Smartphone Global Q3-2021

Canalys mengaitkan kinerja Realme dengan “inovasi dalam perencanaan dan manajemen stok” yang menghasilkan pasokan ponsel yang lebih murah. Disebutkan juga Samsung dan Realme menawarkan lebih banyak variasi chipset untuk membantu mengelola persediaan.

Vivo dan Oppo masing-masing menempati posisi keempat dan kelima, dengan pangsa pasar 13% dan 11% (penurunan 27% dan 19%).

Segalanya tampak lebih cerah bagi Xiaomi ketika menyoroti seluruh kinerja selama 2021 full year. Vendor mencapai pangsa pasar 25% dan 40,5 juta unit dikirimkan (pertumbuhan tahunan 0%). Samsung yang berada di posisi kedua menyumbang 19% dari pasar dan 30,1 juta unit dikirimkan (pertumbuhan 5%).

Realme turun satu tempat dalam peringkat setahun penuh, mencapai pangsa 15% (pertumbuhan 25% YoY) dan hanya sedikit di belakang Vivo dengan pangsa pasar 16%. Terakhir, Oppo berada di posisi kelima dengan pangsa pasar 12% dan pertumbuhan tahunan 6%.

Adapun pasar India secara umum pada tahun 2021, Canalys mengatakan negara itu mencapai rekor pengiriman 162 juta smartphone (pertumbuhan tahunan 12%).

Baca Juga: Top 5 Indonesia: Vivo Geser Xiaomi di Q3-2021