Top 5 China: iPhone Terlaris Setelah Enam Tahun

Apple iPhone

Selular.ID – Sebagai pasar smartphone terbesar di dunia, negara China menjadi target empuk para produsen ponsel. Kendati pasar dijejali ponsel besutan brand domestik yang mendunia, ternyata Apple masih memiliki pamor di sana.

Berbeda dengan India dimana Xiaomi menjadi brand smartphone dengan pengiriman terbanyak untuk periode Oktober-Desember 2021, di China, posisi itu milik Apple.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino adalah merek smartphone terbesar berdasarkan pangsa pasar di Negara Tirai Bambu, menurut angka terbaru oleh Counterpoint Research.

Apple memperoleh pangsa pasar 23% yang mengesankan setelah pertumbuhan kuartalan 79% yang luar biasa, menjadikannya posisi teratas untuk pertama kalinya sejak Q4 2015, yaitu enam tahun lalu.

Penjualannya 32% lebih tinggi dari tahun lalu, didorong oleh permintaan yang kuat dari seri iPhone 13 dan model reguler khususnya.

Datang di tempat kedua adalah Vivo dengan pangsa pasar 19% meskipun perusahaan menghadapi penurunan pengiriman 21% dibandingkan dengan Q3 2021.

Oppo (termasuk OnePlus) berada di tempat ketiga dengan pangsa pasar 17%, diikuti oleh Honor (15%), Xiaomi (13%), Huawei (7%) dan Realme (3%).

Realme mencatat pertumbuhan tahunan tertinggi dari semua merek dengan peningkatan 83% dalam penjualan antara Q4 2020 dan Q4 2021.

Baca Juga: Top 5 India: Realme Melesat, Xiaomi Berkuasa

Secara keseluruhan pasar ponsel pintar China turun 9% di Q4 sementara penjualan setahun penuh turun 2%.

Ivan Lam dari Counterpoint mengungkapkan kekurangan chip yang sedang berlangsung di samping siklus penggantian smartphone yang lebih lama menjadi penyebab penjualan yang buruk.

Dia juga memperkirakan OEM akan terus menaikkan harga jual rata-rata perangkat mereka ke depan.

Baca Juga: Top 5 Indonesia: Vivo Geser Xiaomi di Q3-2021