Rumor: Apple Bakal Meluncurkan Perangkat Serupa Nintendo Switch

Apple Nintendo Switch

Selular.ID – Kabar terbaru datang dari Apple yang dikatakan saat ini tengah mengerjakan konsol game untuk bersaing dengan Nintendo Switch.

Seperti yang team Selular kutip dari Gizchina, dilaporkan bahwa Apple sedang serius mencoba pembuatan perangkat game portabel. Jika dilihat, nampaknya agak cukup sulit apabila Apple bersaing dengan otoritas yang diakui di pasar ini, sebab perusahaan tak memiliki pengalaman dan spesialis di bidang ini.

Berdasarkan rumor sebelumnya, konsol game Apple akan menerima prosesor khusus yang memang diasah untuk game. Dapat diasumsikan bahwa perangkat ini akan menjadi versi kustom dari chip milik perusahaan, di mana subsistem grafis akan dipompa secara maksimal.

Baca Juga: Pasca Dihapus, Game Fortnite Dikabarkan Kembali Ke Apple Melalui Layanan Cloud Gaming Nvidia

Menurut beberapa laporan, Apple telah berhati-hati dalam menawarkan katalog game untuk konsol game bermerek. Oleh karenanya, perusahaan sedang melakukan negosiasi dengan sejumlah studio game untuk pembuatan konten.

Berbicara soal konsol game, Apple Arcade adalah layanan berlangganan video game oleh Apple yang diluncurkan pada 19 September 2019 di presentasi tahunan utama Apple.

Untuk langganan bulanan, platform ini menawarkan pelanggan akses tak terbatas ke pilihan video game, di perangkat Apple atau sistem perangkat lunak apa pun yang kompatibel seperti iOS 13, tvOS 13, iPadOS 13, dan macOS Catalina.

Layanan tersebut menawarkan paket bulanan dan tahunan bersama individu dan keluarga, tidak termasuk iklan atau pembelian dalam aplikasi, dan kemampuan untuk mengunduh game untuk dimainkan secara offline.

Selain menggunakan layanan pada produk eksklusif Apple; gameplaynya juga kompatibel dengan aksesori pihak ketiga seperti gamepad, PlayStation 4, dan Xbox.

Apple telah menginvestasikan $ 500 juta untuk meluncurkan layanan Apple Arcade. Apple membayar pengembang aplikasi biaya di muka untuk membuat video game untuk platform, dan sesuai dengan beberapa pengembang dalam proses pengembangan.

Baca Juga: Alasan Apple dan Google Hapus Game Fortnite

Meski Apple belum mengungkapkan pendapatan sebenarnya dari layanan ini, namun para peneliti memperkirakan bahwa pada tahun 2024 pelanggan Apple Arcade akan mencapai sekitar 10% dari basis konsumen Apple dan menghasilkan pendapatan $ 4,5 miliar.

Melihat dari prediksi pencapaian Apple tersebut, apakah Apple bakal sukses jika meluncurkan produk serupa dengan Nintendo Switch? Kita lihat saja nanti.

Tonton juga video di bawah ini: