Permintaan Tinggi, MacBook Pro Baru Alami Kendala Produksi

Apple MacBook Pro
Apple MacBook Pro

Selular.ID – Tiga bulan setelah peluncurannya, MacBook Pro 14-inci dan 16-inci terus mengalami permintaan yang tinggi, namun kabarnya pasokan MacBook Pro tampaknya sedikit atau mengalami kendala produksi.

Dengan tanggal pengiriman untuk kedua model yang diperpanjang hingga beberapa minggu di beberapa pasar utama Apple.

Contohnya, di Amerika Serikat, MacBook Pro 14-inci dasar dengan chip M1 Pro diperkirakan akan dikirim dalam tiga hingga empat minggu, dijanjikan kedatangan setidaknya pada pertengahan Februari.

MacBook Pro 14-inci dengan konfigurasi M1 Pro kelas atas atau chip M1 Max menghadapi penantian yang lebih lama lagi, setidaknya awal Maret.

Hal yang sama juga berlaku untuk MacBook Pro 16 inci, dilaporkan publik harus menunggu sampai bulan Maret 2022.

Baca Juga: Apple Bakal Mengganti MacBook Pro 13 inci dengan Model Baru

Ada beberapa alasan menunggu lama untuk memiliki MacBook Pro, dilaporkan Apple terus menanggung konsekuensi dari kekurangan chip global yang merugikan perusahaan sebesar $6 miliar, atau sekira (Rp 84 triliun), di kuartal terakhir tahun lalu akibat kelangkaan bahan semikonduktor.

Kelangkaan bahan semikonduktor bukan satu-satunya penyebab produksi MacBook Pro 14 dan 16 inci terganggu. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dari tahun 2020 menjadi sumber masalah berikutnya.

Apple dan suppliernya terpaksa membatasi jumlah karyawan di pabrik sesuai dengan aturan Pandemi Covid-19 yang berlaku.

Oleh karenanya, jumlah unit suatu gadget yang diproduksi tidak bisa sebanyak saat semua karyawan masuk. Hal itu turut berdampak pada terbatasnya unit MacBook Pro 14 dan 16 inci yang bisa diproduksi oleh Apple dan suppliernya.

Seperti diketahui, Apple merilis MacBook Pro pada Oktober 2021, disebutkan Apple telah meningkatkan jumlah piksel pada kedua layar. Serta seluruh model juga telah mendukung refresh rate pada layar sebesar 120 Hz.

Di bagian kamera, raksasa teknologi itu mengatakan menyematkan video chat dengan dukungan 1080p. Lensa juga mendukung pada tampilan di cahaya redup.

Baca Juga: Desain MacBook Air 2022 Tampak Memukau Dalam Render Baru

Dua model Macbook Pro anyar ini hadir dengan lebih banyak port. Ada tiga USB-C Thunderbolt 4, port HDMI, slot kartu SDXC.

Apple menjual produk barunya ini mulai dari US$1.999 (Rp 28,2 jutaan) untuk 14 inci, dan US$2.499 (Rp 35,3 jutaan) pada 16 inci. Untuk versi M1 Max tersedia sebagai upgrade, dengan tambahan memori 64GB senilai US$400 dan US$2.400 hingga 8TB, hadir dengan warna Silver atau Space Grey.