Laporan: Indeks Kecakapan Keamanan Digital Masyarakat Rendah

literasi digital

Selular.ID – Budaya Digital mendapat skor tertinggi dalam pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021. Pilar Budaya Digital (digital culture) tercatat dengan skor 3,90 dalam skala 5 atau baik.

Selanjutnya pilar Etika Digital (digital etics) dengan skor 3,53 dan Kecakapan Digital (digital skill) dengan skor 3,44. Sementara itu, pilar Keamanan Digital (digital safety) mendapat skor paling rendah (3,10) atau sedikit di atas sedang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pengukuran indeks literasi digital ini selain untuk mengetahu status literasi digital di Indonesia juga untuk memastikan upaya peningkatan literasi digital masyarakat makin tepat sasaran.

“Kita ingin terus mempercepat dan mengawal terus tingkat literasi digital masyarakat, mengimbangi dengan perkembangan teknologi digital yang cepat dan makin strategis bagi kehidupan masyarakat Indonesia saat ini,” ujarnya dalam Peluncuran Indeks Literasi Digital 2021 dari Jakarta Pusat, Kamis (20/01).

Baca juga: Dampak Negatif Minimnya Literasi Digital

Sebagai catatan, Keempat pilar yang menjadi pembentuk indeks literasi digital ini selalu diukur setiap tahun oleh Kementerian Kominfo.

Sebagai catatan, pengukuran indeks literasi digital 2021 dilakukan melalui survei tatap muka kepada 10.000 responden dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Karakteristik responden adalah pengguna internet berusia 13-70 tahun.

Dibandingkan dengan Indeks Literasi Digital 2020, ditemukan ada peningkatan indeks (dari 3,46 ke 3,49).

Perbaikan terjadi pada pilar digital culture dan digital skills, tapi ada penurunan pada pilar digital ethics dan digital safety.

Baca juga:  Atasi Gap Literasi Keuangan Digital, Ovo Lengkapi Layanan dengan Investasi, Proteksi dan Pinjaman