Kilas Balik 2021, Vivo Ekspansi ke 6 Pasar Baru

Smartphone 5G Vivo
Vivo V23 5G

Selular.ID – Sepanjang tahun 2021, Vivo terus menghadirkan produk teknologi andalan di Indonesia. Mendorong batasan teknologi mobile imaging melalui implementasi kemitraan global, serta memperluas ekspansi pasar yang kini mencapai lebih dari 60 negara.

Perluas Pangsa Pasar

Pada tahun 2021, Vivo berhasil menyebarkan sayapnya ke enam pasar di berbagai negara yaitu Peru, Republik Ceko, Rumania, Austria, Serbia, dan Meksiko.

Melalui pendekatan “More Local, More Global”, Vivo mempertahankan momentum pertumbuhannya sepanjang tahun 2021 dan berhasil menempati peringkat keempat di pasar smartphone global dengan pasar sebesar 10 persen di Q3 2021, serta posisi tiga besar di pasar Filipina, Malaysia dan India.

Di pasar Indonesia sendiri, Vivo menempati posisi pertama brand smartphone di Indonesia berdasarkan laporan terbaru oleh firma riset pasar Canalys untuk Top Smartphone Vendors Kuartal-III 2021.

Menurut laporan Canalys, Vivo mengamankan persentase market share 23% dari total 9.3 juta unit smartphone yang dikapalkan pada kuartal-III 2021 di Indonesia.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Vivo X80 Terungkap

Perkuat Sarana Produksi dan Layanan Konsumen

Mengembangkan fasilitas pendukung di berbagai negara, Vivo telah memiliki tujuh pusat produksi, termasuk pusat manufaktur resmi di seluruh China, Asia Selatan, serta Asia Tenggara termasuk Indonesia dengan kapasitas produksi 200 juta unit smartphone setiap tahunnya.

Selain itu, jaringan ritel fisik Vivo juga telah berkembang dengan lebih dari 380.000 pusat penjualan dan pusat pelayanan after-sales secara global.

Vivo juga turut melakukan ekspansi yang signifikan dari ekosistem digital global yang mencapai lebih dari 120 juta aktivasi AppStore per bulannya, 10,7 miliar unduhan aplikasi, serta lebih dari 100 juta pengguna browser Vivo.

Pencapaian Baru Kemitraan Global

Setelah mengumumkan kemitraannya di penghujung 2020, Vivo dan ZEISS pada tahun 2021 secara resmi menghadirkan berbagai terobosan baru dalam teknologi fotografi profesional. Teknologi ini dihadirkan dalam dua varian premium flagship X Series, yaitu Vivo X60 Series dan X70 Pro yang resmi meluncur di Indonesia pada tahun 2021.

Vivo dan ZEISS bersama-sama mengembangkan teknologi imaging system pada kamera utama vivo X70 Pro dengan teknologi ZEISS OPTIC yang telah memenuhi standar sertifikasi ZEISS T* Coating, yang dapat meningkatkan transmisi cahaya tampak, sehingga menghasilkan kualitas gambar lebih baik dengan mengurangi pantulan cahaya masuk, terutama pada kondisi cahaya terang yang menyilaukan maupun saat minim cahaya.

Baca Juga: Merosot di Canalys, Ini Strategi Vivo Perkuat Bisnis Smartphone 2021

Selain termanifestasi dalam inovasi X Series, Vivo dan ZEISS juga menjajaki kemitraan strategis jangka panjang untuk teknologi mobile imaging.

Keseriusan Vivo ditunjukkan dengan memperkenalkan berbagai mode lensa potret ZEISS yang memenuhi standar ZEISS T* Coating, serta meluncurkan V1 Imaging Chip pertama oleh vivo yang mampu mendorong batasan mobile imaging computing serta memungkinkan pengguna untuk mengabadikan “Potret Sempurna” dengan lebih mudah.

Inovasi di awal tahun 2020

Di tahun 2021, Vivo juga semakin meningkatkan standar kamera selfie smartphone dengan Vivo V Series. Rangkaian smartphone vivo V21 baru menetapkan standar baru untuk kamera selfie smartphone dengan kamera depan yang memiliki fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang unik.

Setelah meluncurkan Seri V23e di tahun 2021, dan di awal tahun 2022 Vivo turut menghadirkan Vivo V23 5G sebagai generasi terbaru dari V Series, sama seperti V Series sebelumnya, ponsel nantinya akan menghadirkan inovasi yang fokus di kamera depan.

Dibalut Ultra Slim Design, perangkat akan menjadi smartphone 5G pertama yang membawa teknologi color-changing di Indonesia.

Baca Juga: Kualitas Kamera Vivo X70 Pro Kalahkan Iphone 13