Chip Teratas untuk Android Premium 2022 Dilaporkan Panas

Chip Android

Selular.ID – Ketika chipset Qualcomm Snapdragon 810 dikabarkan terlalu panas pada 2015, menjadikan semua model Samsung Galaxy S6 ditenagai oleh SoC Exynos 7420 besutan sendiri.

Biasanya, ponsel Galaxy unggulan di AS dan China dilengkapi dengan chip Snapdragon kelas atas tahun itu.

Qualcomm akhirnya merevisi chip dan produsen ponsel Android lainnya mengembangkan rencana untuk menjaga komponen tetap dingin tanpa mengurangi kinerja.

Sekarang, tampaknya ada laporan tiga chip baru yang akan memberi daya pada ponsel Android papan atas tahun ini juga mengalami overheating alias terlalu panas. mereka adalah Qualcomm Snapdragon 8 Gen1, MediaTek Dimensity 9000, dan Samsung Exynos 2200.

Chip MediaTek dibuat oleh TSMC, sementara Samsung bertanggung jawab atas Snapdragon 8 Gen1 dan Exynos 2200 SoCs

Chip MediaTek dibuat menggunakan node proses 4nm TSMC. SoC Snapdragon dan Exynos sedang dirakit oleh Samsung Foundry menggunakan node proses 4nm-nya.

Bulan lalu dikabarkan melalui leaker Ice Universe yang menulis, “Pada ponsel moto, tes ekstrem Snapdragon 8 Gen1 sangat panas. Harap bersiaplah secara mental, 2022 mungkin menjadi tahun “HOOOT” untuk ponsel Android.”

Motorola Edge X30 tampaknya menjadi salah satu model Android pertama yang dirilis tahun ini yang ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Gen1.

Core Cortex-A510 baru dari chip tersebut telah diuji oleh Golden Reviewer dan meskipun 15% lebih kuat daripada core Cortex-A55 yang ditemukan pada Snapdragon 888, core tersebut 33% kurang efisien dan konsumsi daya pada A510 70% lebih tinggi.

Golden Reviewer juga mencatat core X2 Snapdragon 8 Gen1 memiliki peningkatan kinerja 15% dibandingkan dengan core X1, tetapi kurang efisien. Dan inti A-710 memberikan kinerja yang sama dengan inti yang diganti pada chip baru, Cortex-A78. GPU meningkat kinerjanya menjadi 50% dan 44% lebih efisien. Golden Reviewer menyatakan GPU pada Snapdragon 8 Gen1 hampir sebagus GPU pada A15 Bionic milik Apple.

Berkat node proses 4nm superior TSMC, MediaTek Dimensity 9000 diyakini lebih efisien daripada chip Snapdragon baru. Dan karena chip Exynos akan dibangun menggunakan node yang sama dengan Snapdragon 8 Gen1, jadi mungkin kinerja chip Samsung akan sama dengan Qualcomm.

TSMC memiliki 53% pangsa pasar besar selama kuartal ketiga di pasar pengecoran semikonduktor global dibandingkan dengan 17% yang dimiliki oleh Samsung.