Tren Pesan Singkat Diandalkan Perusahaan Tahun 2022

Tren Pesan Singkat Diandalkan Perusahaan Tahun 2022

Jakarta, Selular.ID – Banyak perusahaan beralih ke WhatsApp Business API, layanan berbayar untuk usaha skala menengah dan besar yang membantu perusahaan terhubung dengan pelanggan mereka dengan cara baru dan lebih efektif.

Layanan yang didukung WhatsApp API memungkinkan perusahaan untuk melayani banyak pelanggan dalam satu waktu.

Selain itu, layanan ini dapat memberikan peluang bagi perusahaan untuk membina hubungan lebih erat dengan pelanggan serta memperkenalkan produk atau layanan lainnya.

Berdasarkan diskusi yang diselenggarakan WhatsApp dengan Indosat Ooredoo, PT Informasi Teknologi Indonesia (Jatis), dan SIRCLO ada lima tren komunikasi dengan pesan singkat dan peluang bagi perusahaan-perusahaan di tahun 2022.

Perdagangan berbasis chat
Pelanggan semakin sering berkomunikasi dengan perusahaan melalui chat, dan hal ini diprediksi akan booming di tahun mendatang.

Pada tahun ini perusahaan ditantang untuk menjadi cepat beradaptasi dan gesit, mencari cara-cara kreatif untuk terhubung dan melayani pelanggan. Indosat menemukan bahwa pelanggan lebih memilih untuk berkomunikasi melalui chat karena unsur kecepatan dan keamanan.

Bersama dengan hasil studi yang menunjukkan bahwa WhatsApp adalah salah satu layanan pesan terpopuler di Indonesia, Indosat Ooredoo memperbarui fitur asisten digital mereka, untuk melayani pertanyaan pelanggan melalui akun WhatsApp resmi IM3Ooredoo.

Fasilitas ini menjadi alternatif bagi pelanggan untuk mendapatkan berbagai informasi dan menemukan layanan seperti isi ulang pulsa, pembayaran tagihan dan pembelian paket internet menggunakan aplikasi pembayaran modern yang tersedia.

Chatting dengan AI
AI juga akan menjadi dukungan besar bagi ekosistem perpesanan bisnis. AI diprediksi akan membantu kinerja pelayanan pelanggan dengan mengarahkan pertanyaan pelanggan ke saluran yang sesuai, sehingga tim customer service tidak harus menanggapi seluruh pesan yang masuk.

Discoverability
Di tahun depan, WhatsApp diprediksi akan menjadi pintu utama bagi pelanggan untuk mengetahui lebih banyak tentang perusahaan dan layanan yang ditawarkan.

Dengan semakin banyak pelanggan yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan perusahaan, hal ini menghadirkan kesempatan unik untuk memperkenalkan produk dan layanan lainnya secara langsung.

Tidak hanya itu, pelanggan sering kali menyampaikan keluhan dan kebutuhan spesifik via chat, sehingga perusahaan dapat memberikan rekomendasi yang lebih akurat dan memuaskan.

Baca Juga:Fix, Bisa Hapus Pesan yang sudah terkirim Setelah 90 Hari di WhatsApp

Solusi API bagi UKMĀ 
Chatbot dan API biasanya digunakan oleh usaha skala besar. Namun, menurut studi, di tahun 2022 akan melihat peningkatan jumlah UKM dengan pertumbuhan tinggi yang juga menggunakan layanan API untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Hal ini membantu mengatasi dilema yang sering dihadapi: pertumbuhan pesat dan kurangnya waktu, energi, atau karyawan untuk menjawab permintaan pelanggan. Oleh karena itu, layanan seperti platform WhatsApp Business dapat mengatasinya melalui fitur seperti respons otomatis atau menjadi pusat informasi usaha.