Tensor Sukses, Google Malah Gunakan Chipset Exynos Untuk Pixel Watch

Google Malah Gunakan Chipset Exynos Untuk Pixel Watch

Selular.ID – Chipset pertama dari Google yaitu Tensor menggunakan beberapa komponen dari Samsung Exynos yang digunakan Pixel 6. Kemungkinan juga akan diaplikasikan oleh Google untuk menggunakannya di produk smartwatch yang akan datang.

Beberapa referensi yang telah beredar bahwa ada kode nama ‘Rohan’ dan chipset Exynos ditemukan dalam kode Wear OS 3. Rohan dilaporkan adalah nama kode untuk jam tangan pintar bermerek Pixel Google yang akan datang, dan akan memiliki kualitas Asisten Google generasi berikutnya.

Laporan dari 9to5Google, bahwa kabar ini sama seperti Google yang sedang meng-kostum chipset Exynos dengan ISP (Image Signal Processor) dan TPU (Tensor Processing Unit) di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, maka ada kemungkinan bahwa perusahaan akan menggunakan chipset mirip Exynos W920 dengan beberapa dari bitnya sendiri.

Penyesuaian semacam itu dapat membantu pemrosesan AI di perangkat untuk respons Asisten Google yang lebih cepat dan akurat.

Baca Juga: XL Axiata Berikan Bundling Google Workspace Terjangkau Bagi UMKM, Dibandrol Mulai Rp65 Ribu

Beberapa fitur Wear OS 3 dan desain UI-nya bocor melalui emulator Google. Menghadirkan tampilan jam baru, format daftar yang lebih sederhana untuk drawer aplikasi, desain gradien untuk tombol, UI berbentuk pil untuk mengakses kontrol pemutaran media, dan UI baru untuk menyesuaikan tampilan jam. Itu juga dikatakan menampilkan kurva cahaya empat warna untuk Google Assistant.

Semua fitur yang terdapat pada Wear OS 3 tersebut akan dikerjakan oleh Kerjasama antara Google dengan Samsung, dan akan digunakan oleh Smartwatch Pixel yang menggunakan chipset dari Exynos W920.

Baca Juga: Samsung Siapkan SSD Terbaru, Tawarkan Kecepatan Tinggi dan Kestabilan Memumpuni

Jika ini akan terjadi, namun kolaborasi antara Exynos dengan Pixel Watch bukanlah hal yang pertama kali karena sebelumnya, Samsung dan Google bekerja sama secara erat dalam pengembangan dan rilis Wear OS 3, pada perangkat  Galaxy Watch 4 bahkan meluncurkan versi baru Wear OS berbasis Android 11. Di antara peningkatan Wear OS 3 itu sendiri dan chip Exynos kelas atas, Galaxy Watch 4 adalah puncak saat ini dari jam tangan pintar yang diberdayakan Android.