Tahun Depan Pengiriman Smartphone Lipat Diprediksi Mencapai 17,5 Juta Unit

Pengiriman Smartphone

Selular.ID – Meski masih terbilang kecil, namun pasar smartphone dengan layar yang dapat dilipat tampaknya telah meledak pada Q3 2021, tepat pada saat Samsung memperkenalkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 pada September lalu. Pengiriman smartphone jenis ini mencapai jutaan unit pada kuartal itu. Sejauh ini Samsung terlihat digdaya, karena pangsa pasarnya mencapai sebesar 93%.

Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 memimpin penjualan smartphone lipat di Q3. Kedua model itu berkontribusi pada pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Huawei mengikuti Samsung dengan pangsa pasar 6%.

Pengiriman smartphone lipat pada Q3-2021 dari semua merek digabungkan (tetapi sebagian besar Samsung) mencapai 215% lebih tinggi kuartal-ke-kuartal dan 480% lebih tinggi tahun-ke-tahun. Sepanjang periode Juli – September, pengiriman mencapai sekitar 2,6 juta unit.

Lembaga riset DSCC memperkirakan bahwa pengiriman smartphone yang dapat dilipat di Q4 akan mencapai 4 – 5 juta. Dengan momentum pasar, Samsung bisa meningkatkan pangsa pasarnya lebih jauh hingga 95% hingga akhir tahun.

Samsung sendiri menargetkan dapat mengirim lebih dari 6 juta smartphone lipat pada tahun 2021, yang sejalan dengan ambisi perusahaan dari awal tahun ini. Sedangkan untuk 2022, diperkirakan pasar ponsel lipat akan mencapai pengiriman sekitar 17,5 juta, naik dari 7,5 juta pada akhir tahun ini.

Meski permintaan konsumen menurun dampak dari pandemi covid-19 dan pasokan komponen tersendat, namun pasar smartphone lipat semakin tumbuh. Sejumlah vendor telah meluncurkan smartphone di segmen ini. Teranyar adalah Oppo.

Vendor yang berbasis di Dongguan – Shenzhen itu, telah memulai debutnya dengan meluncurkan Find N pada Rabu (15/12/2021). Setelah penjualan pre-order, smartphone ini mulai dijual di China pada Kamis (23/12) dengan harga mulai 7.699 yuan (US$1.200).

Find N dibekali layar 7,1 inci, menawarkan layar 60 persen lebih banyak daripada smartphone biasa dengan layar 6,5 inci standar. Ponsel ini juga dilengkapi layar 5,49 inci di bagian luar.

Layar 12-lapis Find N, yang dikembangkan bekerja sama dengan Samsung, dapat bertahan 200.000 kali lipat tanpa membuat lipatan. Smartphone ini melewati enam iterasi selama empat tahun pengembangan, kata Oppo.

Berkat spesifikasi yang mumpuni dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pesaing, Find N laku keras. Tak lama sejak diluncurkan, varian ini sudah terjual habis di negaranya, Tiongkok.

Saking laris manisnya, Oppo Find N juga ditemukan di platform e-commerce dan dijual kembali dengan banderol yang cukup tinggi. Jauh melebihi harga resminya.