Tahun Depan Pengiriman Smartphone Lipat Diprediksi Mencapai 17,5 Juta Unit

Mengutip GizmoChina, Sabtu (18/12/2021), Oppo Find N adalah smartphone flagship terbaru yang menarget segmen konsumen ultra high-end. Find N juga merupakan menandai masuknya Oppo di pasar smartphone layar lipat yang saat ini dikuasai oleh Samsung.

Kehadiran Oppo Find N juga jadi tanda bahwa smartphone layar lipat sekelas Galaxy Z Fold 3 bisa dibanderol dengan harga lebih rendah. Saat ini, Oppo Find N hanya dijual di pasar Tiongkok.

Menyusul keberhasilan Samsung saat memperkenalkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, dan larisnya penjualan Oppo Find N, vendor-vendor lain mulai bersiap meramaikan gelanggang persaingan.

Xiaomi misalnya, dikabarkan tengah mempercepat produksi smartphone lipat generasi selanjutnya. Sebelumnya, Xiaomi telah meluncurkan model lipat pertamanya, Mi Mix Fold pada Maret 2021.

Menurut beberapa pertunjuk dari beberapa sertifikasi, produk tersebut merujuk pada Mix Fold 2, yang dilaporkan bakal siap dipasarkan pada pertengahan 2022. Tentu para penggiat gadget berharap jika perangkat lipat generasi selanjutnya Mix Fold itu dapat beredar lebih luas, tidak seperti pendahulunya yang hanya di pasarkan di China.

Tak hanya Xiaomi, raksasa China Huawei juga bersiap meluncurkan varian terbaru. Setelah tiga generasi dalam seri Mate X yang dapat dilipat, Huawei bakal meluncurkan ponsel lipat clamshell pertamanya, yakini Huawei P50 Pocket. Perangkat ini membawa mekanisme engsel yang dipatenkan Huawei tanpa celah yang terlihat saat ditutup.

Desain P50 Pocket ini digadang-gadang merupakan lanjutan desain yang dibuat oleh di Huawei P50 dan menggunakan desain kaca terstruktur 3D yang dibuat khusus. Ukuran lipat 7,2 mm dalam keadaan tidak dilipat, 15,2 mm saat dilipat dan berat 190 gram.

P50 Pocket standar hadir hanya dengan pilihan 8/256GB dan dijual seharga CNY 8.988 atau sekitar Rp20 jutaan. Sedangkan untuk model emas edisi khusus dengan 12/512GB akan dibandrol CNY 10.988 atau sekitar Rp 24 jutaan, dan sejauh ini baru tersedia untuk pasar China.

Di sisi lain, meski telah dikerumuni banyak pemain, smartphone layar lipat, bagaimanapun, belum memasuki arus utama. Sesuai prediksi IDC, sebanyak 7,5 juta smartphone lipat akan dikirimkan ke seluruh dunia hingga akhir 2021. Namun angka itu, hanya sebagian kecil dari perkiraan 1,35 miliar smartphone yang akan dikirimkan secara global.