Smartphone Oppo ROM 128GB, Rp2 Hingga Rp3 Jutaan Sudah Ada yang 5G

Smartphone Oppo ROM 128GB, Rp2 Hingga Rp3 Jutaan Sudah Ada yang 5G

Jakarta, Selular.ID – Media internal sering disebut sebagai ROM (Read Only Memory). Biasanya spesifikasi RAM dan storage dicantumkan berbarengan, dengan angka yang lebih kecil mengacu pada RAM.

Misalnya “8 GB/ 128 GB” berarti ponsel tersebut memiliki RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan sebesar 128GB.

Smartphone terdiri dari RAM (Random Access Memory) dan ROM. RAM berperan dalam menyimpan data dalam sistem serta berpengaruh terhadap kecepatan operasi dan kelancaran membuka aplikasi.

ROM berfungsi untuk menyimpan data, seperti foto, video, musik, aplikasi dalam smartphone. Sama seperti RAM. ROM yang penuh dapat berakibat pada kecepatan smartphone.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan seberapa besar RAM dan ROM yang ditawarkan. Sejumlah brand telah merilis RAM dan ROM yang lapang, bahkan mencapai 1 TB. Namun perlu diingat semakin besar RAM dan ROM, maka semakin tinggi juga harga jual smartphone tersebut,

Dan seiring berjalannya waktu sejumlah brand juga telah merilis ROM yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam aktivitas komunikasi dan hiburan sehari-hari, seperti membelas email, berkirim pesan file foto dan video, untuk entertainment seperti mobile game, atau video streaming, tentunya dengan harga relatif terjangkau.

Seperti Oppo, salah satu brand yang cukup digandrungi pengguna smartphone telah merilis ROM128 GB dengan harga mulai Rp2 hingga Rp3 jutaan, berikut ulasannya:

Oppo A53
RAM 4GB
ROM 128GB 2440
Rp2.699.000

Sebelumnya smartphone ini hadir dengan konfigurasi RAM 4/64GB dan RAM 6/128GB. Sekarang, vendor memberi opsi konfigurasi berbeda.

Yang membedakan dengan produk sebelumnya, kini A53 dilengkapi konfigurasi 4GB RAM dan 128GB ROM serta pilihan warna baru fairy white.

Yang masih dapat diperluas dengan microSD hingga 256GB. Layar 6.5″ ditambah dukungan layar dengan refresh rate tinggi 90hz pada Oppo A53 membuatnya makin nyaman untuk berselancar di media sosial atau memainkan berbagai mobile game terbaru.

Oppo A53 4/128 menjadi kelas menengah dari lini seri A yang cukup bertenaga berkat kehadiran prosesor Qualcomm Snapdragon 460.

Kemudian dibagian belakang ada kamera utama setajam 16 MP f / 2.2, makro 2 MP f / 2.4, dan sensor kedalaman 2 MP. Kemudian ada kamera selfie berukuran 8 MP f / 2.0. A53 5G hadir dengan kapasitas baterai 4.040 mAh Pengisian adalah 10W.

Oppo A54
RAM 4GB
ROM 128GB
Rp2.699.000

RAM 6GB
ROM 128GB
Rp3.099.000

Oppo melengkapi A54 dengan Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP dan kamera bokeh 2MP. Kamera ini dilengkapi berbagai fitur kecerdasan buatan yang dapat digunakan pengguna muda untuk mengungkapkan berbagai ekspresi mereka melalui media sosial.

Kehadiran layar bertipe single punch-hole 6.51 inci, layar Oppo A54 dilengkapi fitur Eye Comfort yang akan mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Pengguna secara manual dapat mengaktifkan fitur ini atau mengatur periode terjadwal.

Memenuhi komputasi kecerdasan buatan, Oppo melengkapi A54 dengan prosesor Mediatek Helio P35. Kapasitas RAM 4GB akan membuat perangkat ini berjalan mulus, apalagi tipe RAM LPDDR4X memiliki peningkatan performa puncak 10% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

Selain itu, penyimpanan internal besar 128GB memberikan keleluasaan pada konsumen untuk menyimpan berbagai file dan dokumen.

Performa perangkat ditingkatkan dengan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan landswap speeding technologies.

Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4GB dapat bekerja layaknya RAM 6GB.

Untuk pertama kalinya, Oppo membawa sertifikasi IP rating pada lini seri A. Dibandingkan dengan sertifikasi IPX2, Oppo menambahkan sebuah lapisan penahan air, yang memberikan ketahanan cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Oppo melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

Di sisi sumber daya, Oppo A54 menggunakan baterai berkapasitas besar 5000mAh dengan konektor pengisian daya Type C.

Smartphone Oppo ROM 128GB, Rp2 Hingga Rp3 Jutaan Sudah Ada yang 5G

Oppo A74 5G
RAM 6GB
ROM 128GB
Rp3.399.000

Oppo A74 didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 662, perangkat ini tentunya dapat menjalankan hampir sebagian besar mobile game dengan lancar.

Apalagi ditambah kombinasi RAM 6GB LPDDR4X yang memberikan peningkatan performa 10% dari tipe sebelumnya. Unduhan game yang tergolong besar dapat ditampung melalui penyimpanan internal 128GB UFS 2.1, yang masih dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 256GB.

Seri ini dilengkapi dengan baterai berdaya 5000mAh. Untuk mengisinya, Oppo melengkapi perangkat ini dengan teknologi pengisian cepat 33W yang dapat mengisi daya perangkat secara penuh hanya dalam waktu 72 menit.

Untuk layar, Oppo A74 menawarkan tampilan yang brilian. Layar 6.43 inci dengan tipe AMOLED FHD+ dan berdesain punch-hole.

Oppo A74 memenuhi seluruh kebutuhan fotografi pengguna muda sebagai target pasarnya dengan menawarkan tiga kamera di belakang. Ketiga kamera tersebut sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sehingga membuat pengguna lebih kreatif dalam menangkap momen dan membagikannya.

Oppo menyematkan kamera utama 48MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP untuk menangkap detail yang lebih kecil.

Oppo A95
RAM 8GB
ROM 128GB
Rp3.999.000

Oppo A95 didukung dengan 48MP Triple Camera bersama dengan serangkaian fitur yang didukung kecerdasan buatan untuk dapat menangkap gambar dengan kualitas tinggi.

Oppo A95 ditenagai System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11 nm. Chip tersebut bersanding dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 128 GB. Kapasitas RAM 8 GB Oppo A95 itu masih dapat menggunakan fitur RAM Expansion hingga menjadi 13 GB.

Baca Juga:Ada 6 Smartphone Oppo Bisa Update ColorOS 12 Pada Desember 2021

Tak hanya itu, A95 juga didukung kapasitas baterai besar yakni 5000 mAh, dengan pengisian daya cepat 33W, yang dapat memberikan kualitas aktifitas sehari-hari lebih maksimal.

Penyematan sertifikasi IPX4 pada seri ini, membuat A95 terlindungi dari ciptratan air normal seperti gerimis hujan, atau tumpahan air yang tidak disengaja.

Oppo A95 tersedia dalam dua pilihan warna diantaranya Glowing Rainbow Silver, dan Glowing Starry Black.