Jumat, 19 Juli 2024
Selular.ID -

Selular Editor’s Choice 2021: Best Tablet

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Tingginya penggunaan tablet yang semakin meningkat di ruang lingkup masyarakat semakin membuat para pelaku industri teknologi kian gesit dalam mengembangkan inovasi tablet. Bahkan, beberapa vendor smartphone ternama pun mulai melebarkan sayapnya ke pasar tablet.

Tak hanya orang dewasa, tablet saat ini juga bisa dibilang menjadi salah satu sarana hiburan, perangkat untuk edukasi digital bagi anak, serta alternatif lain guna kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk kategori Best Tablet di Selular Editor’s Choice 2021, team Redaksi Selular mencatat terdapat 4 tablet yang masuk kedalam kategori tersebut, diantaranya yakni:

  1. Samsung Galaxy Tab A7
  2. Xiaomi Pad 5
  3. Huawei Matepad 11
  4. Advan Tab VX

Guna lebih akrab dengan keunggulan dari masing-masing jajaran tablet tersebut, berikut kami uraikan penjelasan detailnya untuk Anda.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Bodi ringan dengan layar leganya menjadi salah satu alasan Samsung Galaxy Tab A7 Lite masuk ke nominasi Selular Editor’s Choice 2021 kategori Best Tablet. Dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, tablet buatan Samsung yang satu ini ditopang dengan baterai besar berkapasitas 5.100mAh yang sudah fast charging sebesar 15W.

Meski enteng, namun Samsung Galaxy Tab A7 Lite dilapisi dengan material alumunium yang kokoh. Layar besarnya yang seluas 8,7inci itu mampu memanjakan mata Anda pada saat sedang menonton film, mengadakan pertemuan virtual, ataupun bermain game.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite dipersenjatai chipset Mediatek Helio P22T dengan prosesor Octa-core. Guna menunjang performanya, tablet ini disokong RAM 3GB, memori internal 32GB ROM yang dapat diperluas dengan microSD sampai 1TB.

Expandle internal storage tersebut nantinya mampu menyimpan banyak dokumen. Soal audio juga menjadi salah satu daya pikat dari tablet ini. Galaxy Tab A7 Lite dilengkapi dengan Dolby Atmos yang optimal pada orientasi layar landscape.

Urusan optik, tablet Samsung yang satu ini memiliki satu kamera belakang beresolusi 8MP dan kamera selfie 2MP. ​Desain kamera belakang maupun selfie dari Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini dibuat sederhana.

Tak hanya orang dewasa, tablet ini juga sangat memungkinkan untuk digunakan oleh buah hati Anda. Pasalnya, Samsung Galaxy Tab A7 Lite dilengkapi dengan fitur Samsung Kids.

Fitur tersebut berfungsi untuk memberikan edukasi yang bisa membangun kreativitas, serta dapat mempermudah para orang tua dalam mengawasi penggunaan tablet pada anak.

Tak hanya itu, didalam fitur Samsung Kids juga dibenamkan fungsi parental control yang bisa diaktifkan guna memberikan keamanan yang lebih extra pada si kecil. Sehingga, para orang tua bisa menyeleksi aplikasi yang dapat diakses oleh anak serta disediakan pula fitur daily timer untuk membatasi penggunaan tablet.

Xiaomi Pad 5

Nominasi Best Tablet selanjutnya ada Xiaomi Pad 5. Usai debut di Cina dan Eropa, tablet Xiaomi yang satu ini masuk ke pasar Indonesia dengan harga lebih murah, serta hanya tersedia versi RAM 6GB dan penyimpanan internal 256GB.

Lebih lanjut soal spesifikasi lainnya, Pad 5 mengemas layar LCD seluas 11 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel, kecepatan refresh tinggi 120Hz, PPI hingga 275, dan rasio kontras 1500:1.

Rilis dengan harga sebesar Rp4.999.000, Xiaomi Pad 5 ditenagai prosesor Snapdragon 860 dengan sokongan baterai besar berkapasitas 8720mAh, yang didukung pula dengan pengisian cepat 33W.

Sementara itu pada akhir November kemarin, Xiaomi secara resmi meluncurkan dua aksesoris pendukung untuk perangkat Xiaomi Pad 5, yakni Smart Pen dan Xiaomi Pad Keyboard. Hadirnya kedua aksesoris tersebut semakin menunjang kebutuhan para mi-fans yang menjadikan perangkat tablet sebagai sarana untuk aktivitas kesehariannya.

Untuk spesifikasi yang dimiliki dari kedua aksesoris ini seperti, Mi Pad Stylus memiliki  panjang 152mm dan berat 12,2 gram. Kemudian di bagian ujungnya, pulpen pintar itu  memiliki pengganti dan dua tombol pintas di bagian sisi.

Fitur lain yang disertakan pada perangkat Mi Pad Stylus ialah adanya touch sampling rate sebesar 240Hz, 4.096 level sensitivitas tekanan, serta daya tahan baterai hingga 8 jam. Stylus mampu dicharge secara nirkabel dengan ditempatkan di atas Mi Pad 5.

Sedangkan untuk Casing Keyboard Mi Pad, ia dilengkapi dengan 63 tombol yang masing-masing jarak tombolnya seluas 1,2 mm. Keyboard ini terhubung dengan Mi Pad 5 lewat tiga pin pogo dan sebuah magnet yang terdapat di bawah tablet.

Huawei Matepad 11

Best Tablet selanjutnya yaitu Huawei Matepad 11. Konon kabarnya, tablet ini diklaim sebagai tablet pertama dengan dukungan HarmonyOS 2. Selain itu, dikatakan pula bahwa Huawei MatePad 11 juga merupakan tablet Huawei pertama yang mendukung kecepatan refresh 120 Hz.

Berkat dukungan refresh ratenya, Huawei MatePad 11 ini nantinya mampu memberikan layar yang responsif sehingga semakin memudahkan pengguna untuk berkreasi lewat tablet itu seperti melakukan aktivitas editing foto, membuat logo, menggambar, dan sejenisnya. Teknologi frame rate adaptation yang terbenam pada perangkat ini juga mampu memberikan ketahanan pada baterai tablet.

Tablet yang bisa digunakan untuk kegiatan multitasking ini juga didukung gamut warna DCI-P3, membuat gambar dan video akan terasa hidup. Tak henti sampai situ, Huawei MatePad 11 juga dirancang untuk meminimalkan paparan blue light dan flicker, sehingga pengguna dapat terhindar dari kelelahan mata.

Pada saat awal diluncurkan, tablet ini hanya menghadirkan warna tunggal Matte Grey dan konfigurasi tunggal dengan RAM 6GB serta storage 128GB seharga Rp7.299.000. Setelah itu pada pertengahan Oktober kemarin, varian barunya mulai masuk ke pasar Indonesia seharga Rp8.299.000, dengan warna Olive Green dan storage 256GB serta RAM 6GB.

Advan Tab VX

Nominasi Selular Editor Choice’s untuk kategori Best Tablet yang terakhir yakni Advan Tab VX. Perangkat tablet lokal buatan Advan ini hadir dengan beberapa peningkatan, terutama di bagian dapur pacunya.

Advan Tab VX bertenaga chipset Unisoc Tiger T618 yang menawarkan high gaming performance di kelasnya. Chipset ini dibuat berdasarkan pabrikasi 12nm, dan mempunyai kecepatan 2.0 GHz dengan sokongan GPU Mali G52 MP2.

Secara teknis, Unisoc Tiger T618 memiliki kecepatan 850MHz yang di atas kertas, performanya berada di antara MediaTek Helio G70 (820MHz) dan Helio G80 (up to 1GHz).

Teknologi DynamIQ milik ARM yang terbenam di Unisoc Tiger mampu memberikan kinerja yang lebih baik pada tablet Advan ini, juga memberikan respon yang lebih cepat. Selain itu, sistem terbaru Unisoc ini juga membawa Image Engine Vivimagic 5.0 yang membuat game jadi lebih baik secara visual.

Leganya ruang penyimpanan di Advan Tab VX juga bisa dijadikan salah satu alasan perangkat ini menyandang sebagai Best Tablet tahun ini. Produk buatan lokal ini didukung RAM 8GB dan ROM 128GB yang bisa diperluas hingga 2TB.

Advan Tab VX juga digadang-gadang mampu menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Menariknya lagi, layar tablet yang memiliki luas 10.4 inch ini, didukung dengan teknologi layar video 60 fps, sharper graphics, serta dukungan 4 speaker True Stereo guna menunjang daily activity Anda.

Tablet yang harga rilisnya Rp3.699.000 ini, memiliki bodi yang sangat tipis namun tetap menyematkan baterai besar dan awet berkapasitas 6200 mAh. Terkait kameranya, ia memiliki kamera belakang beresolusi 8MP, serta kamera selifenya beresolusi 5MP.

Selular Editor’s Choice 2021: Best TabletAdvan Tab VXUntuk sekelas produk lokal, tablet Advan VX mampu menyuguhkan banyak peningkatan terutama di sektor dapur pacu yang juga gahar untuk gaming, sehingga kian membantu Anda dalam menunjang kebutuhan digital sehari-hari.

Simak juga video berikut ini:

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU