Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartband

Jakarta, Selular.ID – Kepiawaian smartband dalam melacak kebugaran tubuh membuat gelang pintar ini kian digandrungi masyarakat. Apalagi, manusia acap kali mengabaikan tentang kesehatan dirinya. Hadirnya smartband ke ranah teknologi bisa menjadi pengingat bagi kita yang disibukkan dengan aktivitas padat namun tetap ingin memantau kesehatan tubuh.

Apalagi, di pasar gadget Indonesia kian marak deretan merk smartband dengan fitur kesehatan dan olah tubuh yang dipatok dengan harga terjangkau. Untuk kategori Best Smartband di Selular Editor’s Choice 2021, team Redaksi Selular mencatat terdapat 4 merk smartband yang masuk kedalam kategori tersebut, diantaranya yakni:

  1. Realme Band 2
  2. Mi Band 6
  3. Oppo Band
  4. Fitbit Luxe

Guna lebih akrab dengan keunggulan dari masing-masing jajaran aksesoris pintar itu, berikut kami uraikan penjelasan detailnya untuk Anda.

Realme Band 2

Nominasi Best Smartband yang pertama ada Realme Band 2. Smartband ciptaan Realme ini hadir dengan layar lebih luas yakni 1,4 inchi dengan resolusi 320×167 piksel serta kecerahan puncak 500 nits.

Tak hanya layar yang diperluas, tetapi Realme Band 2 juga meluncur dengan tampilan baru dan baterai lebih jumbo yakni berkapasitas 204mAh dan diklaim membawa daya tahan sampai 12 hari.

Dilepas dengan harga Rp600 ribuan, Realme Band tentunya mengunggulkan fitur kesehatan dan kebugaran seperti pemantauan detak jantung, pelacakan tidur, penghitung langkah otomatis, pengingat minuman air, dan pengingat diam.

Tak cukup sampai situ, Realme Band 2 juga menyertakan fitur untuk pengukur stress, pemantau kesehatan wanita, juga sensor SpO2 guna mengukur kadar oksigen darah. Lebih lanjut, Realme Band 2 juga mendukung 90 mode olahraga sebagai lompatan jauh dari sembilan mode latihan yang disertakan dengan Band generasi pertama.

Konektivitas Bluetooth 5.1 dan SoC Bluetooth Low Energy (Bluetooth LE) Goodix juga disematkan di gelang pintar Realme yang satu ini. Realme Band 2 juga telah menjalankan Android 5.1+/iOS 11+ dan perangkat bisa dikelola dengan aplikasi Realme Link.

Smartband besutan Realme ini bobotnya sebesar 27,3 gram. Memang, wearable device ini hanya datang dalam satu warna yakni Space Grey. Namun, terdapat beberapa pilihan warna untuk tali pengikat yang nantinya bisa semakin mempercantik gelang pintar ini.

Mi Band 6

Nominasi Best Smartband selanjutnya ada Mi Band 6. Smartband yang diluncurkan bersamaan dengan Mi 11 Pro dan Mi 11 Ultra itu, menyuguhkan beragam fitur kesehatan seperti pelacakan SpO2 serta mampu melacak kadar oksigen dalam darah.

Menariknya lagi khusus untuk para wanita, gelang pintar Mi Band 6 ini juga menawarkan fitur pencatat siklus haid dan fase ovulasi. Sehingga, sangat membantu untuk memantau kesehatan kewanitaan.

Tak henti sampai situ, Mi Band 6 juga menyematkan 30 jenis olahraga yang bisa Anda lakukan dimana saja seprti Zumba, Pilates, dan HIIT. Lewat smartband Xiaomi yang satu ini, Anda juga bisa memantau detak jantung selama 24 jam, alat pemantau stress, serta bisa pula digunakan untuk melacak kualitas pernapasan Anda ketika sedang tidur.

Dipasarkan dengan harga terjangkau yakni Rp500 ribuan, Mi Smart Band 6 memiliki ukuran 47,4 x 18,6 x 12,7 mm dengan bobot 12,8 gram. Layarnya pun terbilang sangat pas yakni menggunakan panel AMOLED berukuran 1,56 inci yang dilengkapi resolusi 152 x 486 piksel. Kecerahan layarnya mencapai 450 nits dan layarnya sudah dibalut lapisan anti sidik jari.

Soal daya, aksesoris pintar ini ditenagai baterai LiPo 125 mAh yang diklaim mampu bertahan sampai 14 hari. Ditambah lagi, Mi Smart Band 6 sudah tahan air hingga 5 ATM sehingga semakin menghadirkan rasa nyaman apabila dikenakan di pergelangan tangan Anda.

Oppo Band

Nominasi Best Smartband selanjutnya ada Oppo Band. Gelang pintar ini membawa fungsi pemantau berkelanjutan yang dapat memantau kadar saturasi oksigen darah (SpO2) setiap detik pada saat kondisi tidur, juga menawarkan 12 mode latihan yang mendukung gaya hidup aktif penggunanya.

Oppo Band mengusung layar mewah bertipe AMOLED 1,1 inci yang memiliki 100% DCI-P3 color gamut, sehingga mampu memanjakan mata penggunanya, serta hadir dengan perlindungan layar kaca lengkung 2.5D yang kokoh sehingga mampu menahan goresan.

Dengan dilengkapi aplikasi Hey Tap Health yang telah disesuaikan untuk Oppo Band, kini pengguna dapat memantau waktu tidur lebih akurat, detak jantung, dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) setiap detiknya, selama siklus tidur delapan jam.

Rilis dengan harga Rp649.000, Oppo Band juga bisa berfungsi untuk pemantauan SpO2 non-stop 28.800 kali untuk keseluruhan saturasi oksigen pada tubuh pengguna. Fitur ini membantu pengguna untuk menentukan kebiasaan tidur yang lebih sehat dan berkualitas.

Selain itu, Oppo Band juga dilengkapi dengan monitor detak jantung serta 12 mode latihan pendamping latihan kebugaran canggih yang dapat melacak dan memantau kegiatan fisik seperti berlari, berjalan, bersepeda, berenang, bulu tangkis, kriket, yoga dan hampir sebagian olahraga popular di kalangan anak muda.

Oppo Band ditenagai baterai berkapasitas 100mAh yang dimana perangkat ini diklaim mampu mengisi daya penuh hanya dalam 1,5 jam dan menyajikan waktu siaga selama 12 hari penggunaan.

Oppo Band juga dapat berfungsi sebagai penghubung aktivitas di smartphone, seperti menerima pesan, pemberitahuan panggilan, mengontrol pemutaran musik, bahkan menemukan ponsel mereka melalui Oppo Band.

Fitbit Luxe

Nominasi Best Smartband yang terakhir ada Fitbit Luxe. Perangkat wearable device ini menampilkan desain modis yang lebih menawan dibandingkan dengan leluhurnya di keluarga Fitbit.

Deretan fitur seputar kesehatan dan olahraga pun terbilang lengkap di perangkat ini, diantaranya yaitu meliputi fitur pemantauan saturasi oksigen darah (SpO2), pelacakan detak jantung 24/7, pengawasan kesehatan menstruasi, dan pengawas pada saat Anda sedang tidur.

Anda juga bisa menggunakan Fitbit Luxe ketika sedang berenang. Sebab, smartband Fitbit yang satu ini diklaim tahan akan air. Anda juga bisa mengontrol tingkat stress Anda melalui smartband Fitbit Luxe ini. Mengusung bodi baja tahan karat yang kuat, smartband ini memiliki varian warna yang meliputi Lunar White / Soft Gold, Black / Graphite, dan Orchid / Platinum.

Hal menarik lainnya dari gelang pintar ini yaitu ia memiliki tali silikon yang fleksibel sehingga sangat nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, Fitbit Luxe juga hadir dengan layar warna AMOLED yang hidup di bagian belakangnya, yang menambahkan nilai jual dari smartband ini.

Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartband

Dengan banderol harga yang merakyat, Mi Band 6 mampu membawa sederet fitur lengkap seputar kesehatan dan olahraga dengan layar cukup luas serta desain enteng, sehingga sangat nyaman apabila dikenakan untuk merekam kegiatan jasmani sehari-hari.

Simak juga video berikut ini: