Mengenal Marisilicon X Chipset Anyar Oppo Untuk Kamera Smartphone

Mengenal Marisilicon X Chipset Anyar Oppo Untuk Kamera Smartphone

Selular.ID – Melalui pameran Inno Day 2021,  telah mengenalkan Chipset pertama yang dikembangkan Marisilicon X Oppo, komponen ini memiliki keunggulan dalam kemampuan menangkap gambar pada kamera smartphone.

Marisilicon X adalah Imaging NPU (Neural Procesing Unit) atau bisa disebut sebagai prosesor gambar dengan dukungan kecerdasan buatan (AI). Chipset ini adalah pengembangan asli OPPO yang akan diproduksi dengan arsitektur 6nm dari TSMC.

Tujuan Oppo mengembangkan Chipset NPU Marisilicon X ini, karena punya keunggulan pada penelitian dan pengembangan pada kemampuan kameranya. Maka dari itu Oppo sedang meningkatkan lagi kemampuan kamera smartphonenya dengan meracik teknologi yang berasal dari lab penelitiannya.

Baca Juga: OPPO INNO Day 2021: Perkenalkan Inovasi Terbaru, Juga Flagship Lipat Pertamanya Find N

Nantinya, Marisilicon X akan dapat menghadirkan fitur real-time pengolahan RAW files, 20x lebih cepat untuk performa video 4K, 4K Ultra HDR Video Live Preview. Ada juga 4K AI Night Video Live Preview dan tentunya kemampuan Noise reduction dan peningkatan ketajaman, juga kecerahan pada perangkat flagship OPPO berikutnya.

Apalagi ukuran nanometer yang dimiliki oleh chipset NPU ini hanya 6nm, yang otomatis menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai yang besar. Karena Semakin kecil ukuran maka semakin efisien pula kinerja processor tersebut.

Fitur AI Noise Reduction Algorithm yang dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto, hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan chip yang dipakai Oppo Find X3 Pro.

Pada Marisilicon X menggunakan RAM DDR dengan tingkat maksimum transfer data melintasi jalur yang diberikan hingga 8,5 Gbps. Oppo menyebut bahwa arsitektur memori multi-tier yang tertanam di dalamnya dapat meminimalisir delay, serta mengurangi konsumsi daya yang disebabkan oleh siklus baca-tulis yang tidak diperlukan.

Baca Juga: Teknologi Terbaru Oppo di Inno Day 2021: Air Glass dan NPU

Lalu ada juga teknologi ISP terbaru yang memungkinkan ponsel untuk menangkap gambar dengan dynamic range hingga 20-bit 120db atau empat kali lebih tinggi dibanding Find X3 Pro. Maka dari itu Marisilicon X kabarnya akan disematkan pada seri Find X terbaru dari Oppo.