MediaTek Tunjukan Keunggulan Dimensity 9000, Kalahkan Snapdragon 8 Gen 1

DImensity 9000

Jakarta, Selular.ID – MediaTek baru saja meluncurkan prosesor andalan terbaru, chip baru yang dimaksud disebut Dimensity 9000 SoC.

Chipset ini dilaporkan untuk digunakan sejumlah smartphone kelas atas, yang bakal meramaikan pasar smartphone tahun depan.

Untuk meyakinkan kinerjanya, perusahaan tersebut secara resmi telah memamerkan hasil benchmarking dari chip ini, yang menunjukkan beberapa hasil yang menarik.

Tolak ukur dibagikan melalui video baru yang diposting di Weibo MediaTek (situs web microblogging China).

Melihat pengujian ini, pembuat chip Taiwan menempatkan chip Dimensity 9000 yang baru diluncurkan melalui sejumlah platform benchmark utama seperti AnTuTu, GeekBench, PCMark, dan lainnya.

Di AntuTu (V9.0.7), prosesor seluler andalan berhasil mendapatkan skor 1.017.488, yang cukup dekat dengan Snapdragon 8 Gen 1 kelas atas saat ini dari Qualcomm, yang juga mencetak hasil serupa dalam laporan benchmark sebelumnya.

Namun pada GeekBench 5, Dimensity 9000 berhasil mencetak 1273 poin pada pengujian single core dan 4324 poin pada pengujian multi core.

Sementara kinerja single core mampu, pemenang sebenarnya adalah hasil multi core, yang terbaik bahkan Snapdragon 8 Gen 1, yang telah terlihat dengan skor sekitar kisaran 3.800 dan 3.900.

Pindah ke PCMark, MediaTek menempatkan chipset barunya melalui uji kinerja Work 3.0, dengan mencapai skor 17.573. Ini juga lebih tinggi dari skor 16.858 Snapdragon 8 Gen 1 yang terlihat dalam hasil benchmark awal bulan ini.

Dapat disimpulkan bahwa Dimensity 9000, mampu kalahkan Snapdragon 8 Gen 1 dalam beberapa pengujian.

Dapat dikatakan juga kata lain, SoC Dimensity 9000 lebih dari mampu bertahan melawan Qualcomm di segmen unggulan juga.

Chip MediaTek dikenal karena harganya yang terjangkau di handset entry level. Tapi sekarang, perusahaan telah mendorong batas, serta berkembang untuk mencakup segmen menengah dan unggulan juga.

Baca Juga:Laporan: Mediatek Unggul di Pasar Chipset 4G, Qualcomm Pimpin Pasar 5G

Sementara Snapdragon Qualcomm sebelumnya dikenal sebagai pilihan teratas untuk berbagai ponsel flagship, chip Dimensity perlahan menggerogoti pangsa pasarnya.

Tolok ukur terbaru juga menampilkan kemampuan yang berkembang dari chip seluler MediaTek yang akan memberi daya pada Redmi K50 unggulan mendatang, Oppo Find X, dan perangkat seri unggulan lainnya pada tahun 2022.