iOS 15.2, Bakal Informasikan Kalau Komponen iPhone Palsu

iPhone 13

Jakarta, Selular.ID – Pembaruan iOS 15.2 yang baru dirilis Apple menyertakan kategori baru pada Setting. Jadi, akan ada tambahan informasi ‘Parts and Service History’ di menu General pada Setting.

Artinya Apple akan memberi notifikasi pada pengguna jika salah satu komponen iPhone miliknya ternyata tidak asli.

Sesuai namanya, opsi ini akan menampilkan riwayat servis yang telah dilakukan pada iPhone, berikut komponen yang diganti. Apabila ternyata ada komponen yang dianggap tidak asli, Apple akan memberikan notifikasi bahwa komponen tersebut unknown (tidak dikenali).

Selain itu, notifikasi unknown part juga akan muncul jika komponen tersebut ternyata pernah digunakan di iPhone lain atau tidak berfungsi normal.

Kendati demikian, Apple memastikan, notifikasi ini hanya berupa informasi dan tidak akan berpengaruh pada kinerja komponen tersebut.

Adapun notifikasi yang diberikan usai pembaruan iOS 15.2 ini akan berbeda untuk tiap model. iPhone XR, iPhone XS dan versi di bawahnya hanya akan mendapatkan informasi mengenai komponen baterai yang digunakan.

Sementara pada iPhone 11, informasi perbaikan yang dilakukan meliputi baterai dan layar. Terakhir, di iPhone 12 dan iPhone 13, informasi yang diberikan mencakup baterai, layar, dan kamera.

Selain ‘Parts and Service History’, iOS 15.2 memperkenalkan beberapa fitur yang awalnya dijanjikan Apple akan hadir di iOS 15 , tetapi akhirnya ditunda. Panduan ini menyoroti semua yang baru yang telah ditambahkan dalam pembaruan iOS 15.2.

Fitur privasi yang dirancang untuk memungkinkan pengguna melihat seberapa sering aplikasi mengakses info yang dibatasi izinnya seperti lokasi, foto, kamera, mikrofon, dan kontak selama tujuh hari terakhir.

Dengan Laporan Privasi Aplikasi, pengguna juga dapat melihat aplikasi mana yang telah menghubungi domain lain dan seberapa baru mereka menghubungi mereka untuk mengawasi apa yang dilakukan aplikasi di balik layar.

Pengguna dapat, misalnya, melihat semua pelacak yang digunakan situs web, sehingga pengguna mengtahui ke mana arah data.

Baca Juga:Apple Rilis Update iOS 15.2, Bisa Temukan Konten Porno?

Laporan Privasi Aplikasi tersedia dengan membuka aplikasi Pengaturan, memilih bagian Privasi, dan memilih Laporan Privasi Aplikasi. Dari sana, pengguna dapat mengaktifkannya.

Setelah  menggunakan aplikasi untuk beberapa waktu, data akan mulai muncul di tempat ini.

Bagi pengguna yang ingin melakukan pembaruan menjadi ke iOS 15.2 ini cukup masuk ke pengaturan > General Settings, lalu pilih software Update untuk menjalankan pembaruan di iphone pengguna.