Ini Deretan Fakta Terkini Soal Kebakaran Gedung Cyber I

Jakarta, Selular.ID – Gedung Cyber I yang berlokasi di Jalan Kuningan Barat Raya, Nomor 8, lantai 2, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, megalami kebakaran pada Kamis, (2/12/2021), sekitar pukul 13:00 WIB.

Kebakaran ini menghebohkan jagat maya lantaran menimbulkan banyak dampak yang mengkhawatirkan. Gedung Cyber I sendiri merupakan pusat penyimpanan data beberapa perusahaan swasta, termasuk APJII & IIX.

Gedung Cyber merupakan salah satu area kerja PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dimana terdapat beberapa perusahaan teknologi banyak yang menyewa gedung tersebut sebagai tempat singgah mereka untuk bekerja.

Seperti yang team Selular kutip dari laman Twitter humasjakfire milik Pemadam DKI Jakarta, sang jago merah melahap lantai 2 dari Gedung Cyber.

Guna mengetahui informasi terkini mengenai kebakaran tersebut, berikut team Selular rangkum fakta kejadiannya untuk Anda.

Beberapa Layanan digital tumbang

Imbas dari kebakaran gedung cyber ini, sejumlah layanan digital menjadi tumbang. Deretan layanan digital yang terganggu akibat kebakaran nahas itu diantaranya ialah PT Indo Premier Sekuritas dengan aplikasi IPOT, Ajaib Investasi, penyedia layanan hosting Niagahoster, penyedia web hosting Rumahweb Indonesia, serta aplikasi Shopee.

Melalui masing-masing akun media sosialnya, para perusahaan swasta tersebut memberikan himbauan kepada para customernya terkait kendala jaringan yang sedang melanda akibat kebakaran Gedung Cyber I ini.

Berdasarkan pantauan team Selular melalui media sosial, beberapa layanan digital tersebut sudah mulai pulih meski belum menyeluruh.

Terdapat korban jiwa

Selain mengakibatkan jaringan yang error, kebakaran Gedung Cyber I ini menelan korban jiwa. 2 orang dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa nahas ini.

Korban tewas itu bernama Seto (18), yang dilaporkan merupakan pelajar yang tengah magang sebagai teknisi. Seto diduga kuat meninggal akibat menghirup asap tebal yang menyelimuti gedung. Sempat dilarikan ke Rumah Sakit Mampang, sayangnya Tuhan berkehendak lain.

Selain Seto, melansir dari laman Twitter Damkar DKI Jakarta, korban meninggal dunia lainnya berinisial MRK dan diketahui masih berusia 17 tahun.

22 unit pemadam kebakaran dikerahkan

Masih mengutip dari laman Twitter humasjakfire, dalam peristiwa ini pengerahan 22 unit pemadam kebakaran dikerahkan di TKP.

Unit LUF 60 diterjunkan oleh Petugas Damkar DKI untuk mengurai asap yang menggumpal di dalam ruangan gedung. Selain itu, ada juga beberapa peralatan pengurai yang sudah di pasangkan juga di dalam ruangan guna membantu mengurai asap saat kebakaran terjadi.

Saat ditinjau langsung oleh Tim Investigasi Kebakaran Damkar DKI di ruang server Gedung Cyber lantai 2, dugaan sementara penyebab kebakaran ialah akibat arus pendek listrik.

Trending di Twitter

Peristiwa kebakaran ini membuat heboh warganet yang menuangkan keluh kesah mereka di paltform Twitter hingga menjadi trending topic. Berdasarkan pantauan terakhir team Selular, total sebanyak 11,4 ribu tweets membahas soal kebakaran Gedung Cyber I ini.

Mulanya, netizen dibuat bingung dan panik akan errornya layanan digital langganan mereka. Salah satu yang banyak diperbincangkan ialah keluhan para pengguna setia Shopee yang sama sekali tak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Beberapa diantara warganet itu juga ada yang merasa janggal akan peristiwa kebakaran ini. Tak sedikit juga yang mengucapkan bela sungkawa kepada korban yang meninggal dunia.

Lebih lanjut, mereka juga mengkhawatirkan terkait keamanan data. Solusi dan kompensasi akibat hilangnya koneksi jaringan dari beberapa layanan digital tersebut juga masih ditunggu oleh warganet.

Hingga saat ini, kronologi pasti terkait penyebab kebakaran masih simpang siur. Kabar terakhir menurut pantauan team Selular, peristiwa ini masih diusut tuntas oleh pihak yang berwajib. Pantau terus update terkininya di Selular.ID!

Tonton juga video di bawah ini: