spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapReview realme narzo 50A: Smartphone Gaming Cadas di Harga 2 Jutaan

Review realme narzo 50A: Smartphone Gaming Cadas di Harga 2 Jutaan

-

Jakarta, Selular.ID – Bagi sebagian orang nama narzo mungkin terdengar asing, tetapi tidak di kalangan gamer tanah air. realme narzo series sudah melekat sebagai smartphone gaming anak muda sejak hadir pertama kali Juni tahun lalu.

Sekarang, vendor baru saja merilis dua produk dari generasi ketiga sub-brand-nya itu, yakni realme narzo 50 Series, yang resmi melenggang di Indonesia. Terdiri dari realme narzo 50A dan realme narzo 50i, kedua ponsel berfokus pada kinerja cadas dengan harga kompetitif, sehingga cocok untuk kaum muda.

Guna menyuguhkan kinerja powerful, perusahaan masih mempertahankan prosesor seri G besutan Mediatek. Kali ini ponsel dibekali dengan kapasitas baterai 6000mAh dan pengisian cepat, menjadikan realme narzo 50 Series bernilai tinggi di harga Rp2 jutaan.

Pada edisi kali ini, Tim Selular akan mengupas tuntas salah satu ponsel baru tersebut, yakni realme narzo 50A.

Sudah mulai dijual hari ini (3/11/2021), realme narzo 50A mempunyai dua pilihan warna, Oxygen Green dan Oxygen Blue, dan dijual dengan harga resmi Rp2.099.000 (4/64) dan Rp2.299.000 (4/128).

Penasaran bagaimana kualitas smartphone yang memiliki slogan Mighty Performance Inside ini? Yuk simak ulasannya.

Unboxing realme narzo 50A

Unboxing Realme Narzo 50A

Sebelum masuk ke ulasan dan mengungkap hal menarik dari smartphone 2 jutaan ini, pertama-tama terlebih dahulu mari kita bahas mengenai apa saja yang berada di balik kotak penjualan realme narzo 50A ini.

Terlihat adanya pembeda dari produk ini, karena kotak pada produk ini dikemas oleh kotak yang berwana biru muda, disertai tulisan “narzo”, terlihat simple dan trendi, untuk menunjukan bahwa smartphone ini memang ditujukan untuk para anak muda.

Saat membuka kemasan, pelanggan akan mendapatkan, satu unit smartphone realme 50A, dengan Kabel USB Type-C, adapter 9V2A, serta alat pembuka kartu SIM atau yang biasa dikenal dengan SIM ejector Panduan Cepat, Informasi Penting terkait Produk (termasuk Kartu Garansi).

Desain Trendi

Desain Trendi Realme Narzo 50A

Untuk bagian desain, realme narzo 50A tetap mempertahankan Desain Garis Diagonal yang otentik, sama seperti desain pada seri pendahulunya, realme narzo 30A.

Pada desain yang menyajikan tekstur diagonal, memberikan kemudahan untuk digengam saat bermain game dan juga memberi pengguna sebuah kesan visual baru.

Desain Samrtphone dengan ukuran 6.5 inci, dan cukup ramping karena dimensi 9.6mm, dan memiliki bobot hanya 207g ini menunjunkan, bahwa smartphone ini nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Selain itu, perubahan terbesar realme narzo 50A dibandingkan pendahulunya, dengan adanya modul sidik jari dan modul kamera dalam wadah yang sama. Hal ini dapat membuat desain bagian belakang lebih rapi secara keseluruhan dan memberikan tampilan yang serasi.

Ukuran 6.5 inci rasio 20:9, realme narzo 50A menghadirkan bidang pandang yang lebih besar, memberikan pengalaman bermain game, dan menyaksikan video lebih sempurna, meskipun memilki layar besar smartphone narzo 50A ini nyaman dikendalikan dengan satu tangan.

Performa Total di Kelasnya

realme narzo 50A Performa total dikelasnya

Dengan prosesor Mediatek Helio G85 yang kuat. Memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa. Prosesor dari narzo 50A ini memiliki octa-core yang kuat sebesar hingga 2.0GHz, dan juga dilengkapi dengan ARM Mali-G52 GPU.

Tim selular melakukan Benchmark dengan menggunkan Geekbench berhasil mendapatkan skor dari single core 386 dan dual core 1367, bisa dibilang sangat optimal untuk bermain game di kelas smartphone 2 jutaan ini.

Mungkin itu baru berdasarkan benchmark, tapi saat tim selular mencoba performa dari realme narzo 50A ini dengan mencoba game PUBG dan Mobile Legends. Untuk game PUBG sendiri sudah mendapatkan tampilan grafis smooth ultra, dan bisa ditambah sampai HDR.

Untuk game Mobile Legend, kami mendapatkan pengalaman bermain yang baik, karena saat menggunakan grafis yang tinggi dan digunakan dalam kurun waktu 3 Jam, permainan berjalan mulus tanpa sedikitpun nge-lag.

Apalagi pendukung dari sistem penyimpanan realme narzo 50A yang memiliki dua varian memori, 4GB+64GB dan 4GB+128GB serta dilengkapi dengan 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu SD card (memori eksternal yang dapat di-upgrade hingga 256GB).

Kapasitas Baterai yang Besar

Kapasitas baterai narzo 50 A

realme narzo 50A memiliki baterai sebesar 6000mAh yang dapat digunakan selama seharian, kapan pun pengguna mau. Berdasarkan pengujian tim selular yang memainkan game mobile legend selama tiga jam baterai dari realme narzo 50A hanya berkurang 78%, terasa sangat baik karena membuat pengguna tidak perlu cemas untuk mengisi daya smartphone.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan OTG pengisian daya terbalik khusus dan juga pengisian cepat 18W, realme narzo 50A juga dapat menghemat masa pakai baterai.

Kapasitas baterai 6000mAh ini juga didukung oleh perangkat lunak (software) yang Bernama.App Quick Freeze dan Pengoptimalan Baterai Layar diterapkan di realme narzo 50A.

App Quick Freeze dapat dengan cerdas memberhentikan aplikasi yang jarang digunakan untuk menghentikan penggunaan daya aplikasi tersebut di latar belakang selama penggunaan handphone.

Ada juga pengoptimalan, untuk Layar yang akan menurunkan sedikit beberapa efek untuk meningkatkan daya tahan baterai. pengguna juga dapat mengaktifkan pengoptimalan mode siaga saat tidur untuk menghemat lebih banyak daya saat pengguna tidur.

Fitur Kamera Triple 50MP yang Fantastis

Kamera Jernih narzo 50A

Untuk fitur kamera dari realme narzo 50A, banyaknya peningkatan besar dihadirkan yaitu dari sisi kamera baik dari sisi jumlah kamera menjadi tiga yang membuatnya menonjol dari persaingan di segmen ini.

Kamera Utama yang Jernih dan Cerah

realme narzo 50A memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 50MP dengan area yang luas, yang dapat menangkap cahaya yang cukup sehingga membuat hasil jepretan kamera lebih jernih dan cerah. Selain itu, produk ini juga mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat.

hasil kamera jernih narzo 50A

Fitur zoom 10x yang tersedia juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas walaupun dari jarak jauh. Sangat cocok untuk memotret bangunan perkotaan yang besar dan padat, bahkan saat ketika diperbesar hingga 50% atau 100%, pengguna tetap dapat melihat detail bangunan yang bermil-mil jauhnya.

Zoom kamera

foto Zoom 

realme narzo 50A memiliki lensa makro untuk menangkap fokus secara dekat. Ini akan memberikan pengguna dengan pengalaman untuk memotret fotografi makro yang menakjubkan dengan detail, dan menikmati menjelajahi pesona dunia mikro.

Adanya fitur Night Filter juga menjadikan pengguna smartphone dari kalangan remaja yang mencari keselarasan dan profesionalisme pada kriteria video seluler. Tanpa harus khawatir mengambil foto dengan kondisi gelap.

Kamera Low light

Night Filter

Kamera depan dari realme narzo 50A ini beresolusi tinggi 8MP dengan adanya fitur AI Beauty, Portrait Mode, dan masih banyak lagi, dapat membuat hasil foto yang sempurna dan menonjol.

Kesimpulan

Setelah menggunakan smartphone dari realme narzo 50A, penulis merasakan kepuasaan dari performa bermain game dan juga banyaknya fitur kamera yang dimiliki smartphone dengan slogan Mighty Performance Inside ini.

Karena saat bermain game ini tidak menemukan sisi yang panas dan frame layar yang patah-patah. Semuanya mulus dan lancar, apalagi kapasitas baterai 6000 mAh yang tidak membuat pengguna khawatir untuk mengisi baterai dalam pemakaian yang lama selama sehari.

Kameranya juga memberikan kualitas hasil gambar yang cerah dan jernih. Apa lagi kamera depannya yang dilengkapi berbagai fitur. Maka realme narzo 50A ini sangat direkomendasikan untuk anak muda yang mau merasakan pengalaman gaming yang baik dan mencoba fotografi dengan perangkat seluler apalagi harganya yang terjangkau yaitu sekitar 2 jutaan.

Artikel Terbaru