spot_img
BerandaNewsKendaraan Listrik Roda Dua Segera Mengaspal di Indonesia

Kendaraan Listrik Roda Dua Segera Mengaspal di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah sukses melakukan uji coba tahap pertama kendaraan listrik roda dua, Kolaborasi dua perusahaan transportasi dan perusahaan energi segera membangun ekosistem kendaraan listrik roda dua di Indonesia.

Gojek bersama dengan TBS Energi Utama melalui PT Karya Baru TBS (TBS), menandatangani komitmen kerja sama untuk membentuk usaha patungan atau Joint Venture (JV), dengan nama Electrum. Segera membuat motor listrik di Indonesia.

Tujuan dibentuknya bisnis dalam bidang manufaktur motor listrik ini, wujudkan Nol Emisi Karbon pada tahun 2030 sekaligus mendukung rencana Pemerintah Indonesia menjadikan pengembangan industri kendaraan listrik sebagai prioritas nasional.

Kerja sama kedua perusahaan tersebut akan membuat manufaktur kendaraan listrik roda dua, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, hingga pembiayaan untuk memiliki motor listrik.

Peran TBS sebagai perusahaan energi, akan memberikan pengalamannya dengan ekosistem dan teknologi tnaga listrik yang luas, bisa menjadi katalisator pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Kendaraan listrik yang akan digunakan dalam memberikan layanan bagi konsumen, nantinya juga bisa meningkatkan kepercayaan dan mendorong masyarakat umum untuk mencoba dan memanfaatkan motor listrik.

Kolaborasi dua perusahaan ini, berkomitmen penuh terhadap sustainability untuk mencapai Nol Emisi Karbon di tahun 2030 dengan melakukan transformasi business menjadi green business dengan fokus pada pengembangan dan investasi di bidang renewable energy and clean business.

Maka targetnya nanti pada tahun 2030, Gojek berharap akan menjadi platform karbon-netral dan membantu masyarakat dalam melakukan transisi kendaraan listrik menjadi 100% di tahun 2030.

Sebelumnya, Gojek telah mengumumkan uji coba komersial pemanfaatan motor listrik yang menerapkan skema baterai swap. Pada tahap ini, Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan.

Kedepannya akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5.000 unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan motor listrik sebanyak 1 juta kilometer di dalam platform Gojek.

Dalam uji coba komersial tersebut, para pengguna setia Gojek akan dapat memilih motor listrik pada saat menggunakan layanan GoRide dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan.

Sementara, mitra driver yang menggunakan motor listrik akan terus dapat menjadi bagian dari layanan Gojek lainnya seperti GoFood, GoSend Instant, GoShop dan GoMart.

Artikel Terbaru