spot_img
BerandaNewsTSMC Bersiap Produksi Chip 5nm

TSMC Bersiap Produksi Chip 5nm

-

Jakarta, Selular.ID – Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) mengabarkan akan menhadirkan proses pembuatan chip terbaru bernama N4P. Sekedar informasi, N4P merupakan proses pembuatan chip 5nm terbaru dari TSMC, yang merupakan peningkatan dari N5 dan N4, dan dikalim secara kemampuan punya peningkatan performa 11% dibanding N5 dan 6% dari N4.

Kemudian dari sisi efisiensi dayanya 22% lebih irit dari N5 dan kepadatan transistornya 6% lebih besar. Lalu N4P dikalim juga bakal memiliki siklus yang lebih cepat dan lebih mudah diproduksi tingkat kerumitannya lebih render.

Sementara itu proses 3nm dengan node N3 akan mulai diproduksi massal pada pertengahan kedua 2022. Pada awal 2022 TSMC juga akan mulai membuat babak baru untuk memproduksi chip 2nm, dan berencana memproduksi chip 2nm pada 2024.

Kabarnya pula, TSMC bakal membangun pabrik di Jepang pertamanya pada 2023 yang berlokasi di Prefektur Kumamoto, Kyushu, Jepang. Dalam pabrik tersebut, TSMC akan memproduksi berbagai sensor canggih, mulai untuk kebutuhan kamera, mobil dan lain-lainya.

Tak sampai disitu, Sony pun berinvestasi di pabrik TSMC, dengan nilai total investasi untuk pabrik ini mencapai USD 7 miliar. Dengan investasi tersebut, Sony punya secuil saham di pabrik tersebut.

Artikel Terbaru