spot_img
BerandaNewsTSMC Bangun Pabrik Pertamanya di Jepang

TSMC Bangun Pabrik Pertamanya di Jepang

-

Jakarta, Selular.ID – Ada hal yang menarik, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dilaporkan bangun pabrik di Jepang. Dan langkah tersebut dikalim sangat strategis guna memperkuat rantai pasokannya di tengah kekurangan semikonduktor global yang sedang berlangsung.

TSMC menyebut perusahaan telah menerima dukungan dari pelanggan dan pemerintah Jepang untuk investasi ini. Dan pabrik ini akan fokus pada teknologi proses 22 nanometer dan 28 nanometer yang dapat digunakan di berbagai jenis chip, mulai dari sensor gambar hingga mikro-kontroler.

Berdasarkan isu yang berkembang, rencanakan pembangunan  pabrik ini akan dimulai tahun depan, dengan produksi dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024. Dan soal seberapa besar nilai investasinya, TSMC belum menjabarkan lebih jauh.

Walapun jika merujuk pada periode antara Juli dan September 2021, perusahaan mengalami kenaikan laba bersih hampir 14% karena menggenjot produksi prosesor untuk seri Apple iPhone 13 baru. Selanjutnya, margin kotor TSMC adalah 51,3% sementara margin operasionalnya mencapai 41,2%.

Secara khusus, pergeseran TSMC ke Jepang menandai langkah besar mengingat perusahaan telah mempertahankan strategi selama puluhan tahun untuk memiliki produksi yang berbasis di Taiwan.

Serupa dengan Jepang, perusahaan itu juga akan membangun pabrik chip canggih di AS, di negara bagian Arizona. Dan ada juga rencana untuk bangun pabrik di Jerman saat ini juga sedang dipertimbangkan.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru