spot_img
BerandaPersonaJeff Bezos Bapak E-Commerce yang Masih Menyempatkan Antar Anak Sekolah 

Jeff Bezos Bapak E-Commerce yang Masih Menyempatkan Antar Anak Sekolah 

-

Jakarta, Selular.ID – Salah satu orang terkaya dunia adalah Jeff Bezos. Ia adalah pendiri, chairman, CEO, presiden dan pemilik saham mayoritas perusahaan teknologi terbesar di dunia Amazon.com. Total kekayaannya ditaksir mencapai 199,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp2.820 triliun jika dikonversi dengan nilai tukar saat ini.

Walaupun begitu, Bezos masih bisa membagi waktu antara keluarga dan karir secara bersamaan. Meskipun sudah menjadi pria terkaya di dunia, Bezos masih mengosongkan agendanya di pagi hari demi menyempatkan waktu untuk mengantarkan anaknya bersekolah, guna menjaga kualitas hubungan keluarga.

bezos dan keluarga

Selain itu Bezos juga masih menyempatkan waktu untuk berlibur dengan keluarganya, Juga tak segan untuk mengelontorkan dana hingga jutaan dollar. Seperti saat berlibur ke italia, bezos mengeluarkan dana sekitar 84 Juta US Dollar atau sekitar 1.1 Miliar Rupiah.

Untuk mengenal sosok dari Jeff Bezos yang dijuluki Bapak  E-commerce Dunia, mari telusuri sepak terjangnya :

Rekam Jejak Bezos

Sosok yang pernah mundur saat puncak karirnya menjadi Vice President di D.E. Shaw & Co. Lalu ia melanjutkan  karirnya dengan mendirikan perusahaan  E-Commerce bernama Amazon.com yang fokus menjalankan penjualan buku secara Online.

Perusahaan itu memulai langkahnya di garasi milik Jeff Bezos, sampai 27 tahun berjalannya bisnis e-commerce tersebut, segala jenis produk diperjual belikan di situs Amazon.com. Perusahaan tersebut juga memiliki inovasi mengirimkan produk ke pelanggannya menggunakan Drone.

Menurut data dari Bloomberg, Bezos menjadi orang yang tidak mengalami kerugian dampak dari pandemi Covid selama tahun 2020. Contoh hal menarik, yang dialami oleh pengusaha besar, karena efek dari pandemic covid memberi imbas pada ekonomi yang menjadi carut marut.

Kekayaan yang dimiliki oleh Jeff bezos bukan hasil dari gaji yang ia hasilkan, karena gajinya yang dapatkan hanya $81.840 per Tahun. Tapi, kekayaannya yang didapatkan hingga 199,7 miliar dollar AS berkat saham yang ia miliki dari Amazon.

Sisi Unik Bezos

Walaupun dikenal dengan kesuksesannya dalam menjalni karirnya sejak tahun 1994, ternya bezos sosok yang tidak suka berkerja Multitasking. Dia hanya akan fokus terhadap apa yang ia gemari.

“Saya senang melakukan apa yang sedang saya lakukan. Saat makan malam bersama keluarga dan teman, saya menikmatinya. Saya tidak suka multitasking. Jika sedang membaca e-mail, saya akan memusatkan perhatian dan energi membaca e-mail,” tegas Bezos.

Saat berkerja Ia masih menggunakan Meja Buatannya sendiri, saat awal menjalani usaha E-commerce, bertujuan untuk selalu ingat darimana ia mulai, apalagi mobil pribadi yang dikendarainya adalah honda accord. Dengan kesederhanaan itu membuat Bezos selalu percaya proses, untuk menjadi sosok yang luar biasa.

Bezos juga membeli Media Amerika Washington post, pada tahun 2013 yang ketika itu dalam keadaan memprihatinkan hal pertama yang dilakukannya saat membeli The Washington Post adalah mempercepat loading situs online media populer di Negeri Paman Sam itu.

Hal unik lainnya, Bezos melakukan wisata luar angkasa bersama Blue Origin, salah satu perusahaan antartika yang ia miliki Bezos terbang sekitar 66,5 mil (107 kilometer) di atas gurun Texas dalam roket New Shepard selama 11 menit, pada Juli 2021. Sebuah langkah serius bezos akan membuka wisata luar angkasa, kabarnya jika mau merasakan sensasi wisata luar angkasa  bahwa paket wisata luar angkasa akan dibanderol mulai USD 200 ribu atau setara Rp2,8 miliar.

bezos wisata angkasa

Pada awal Oktober Jeff Bezos, menaruh sahamnya kepada perusahaan start up Indonesia bernama Ula. Bezos tertarik terhadap Ula karena mengoperasikan platform e- commerce dengan cara bisnis to bisnis, karena memudahkan amzon untuk bisa masuk ke pasar Asia Tenggara.

Kunci Kesuksesan Bezos

Keberhasilan dirasakan oleh Bezos, pastinya memiliki formula untuk bisa meraih pencapaian tersebut, saat ditanyakan apa kunci kesuksessan yang dimilkinya adalah menjalankan visi  dengan semangat yang besar.

Untuk memiliki visi dan semangat besar Sejak kecil Bezos terlatih dalam hal apa pun, dia selalu ingin menjadi yang terdepan. Teman-teman sekolahnya dulu hanya berani mengincar posisi nomor dua karena Bezos selalu bersemangat merebut posisi terbaik. Saat merintis Amazon, Bezos bekerja 12 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu.

Satu lagi kunci sukses Bezos adalah fokus dan inovatif. Untuk menjadi yang terdepan, “seseorang harus fokus meraih kesuksesan”, begitu dikatakannya. Hanya saja, dalam penerapannya harus selalu inovatif. Bezos akan sangat fokus dengan apa yang sudah dipilihnya.

Oleh karena itu, jangan coba-coba mengalihkan perhatiannya. Beberapa kali Bezos menegaskan, dia tak pernah berusaha, maka dari itu dia tidak suka bekerja multitasking. Karena ketika memutuskan fokus pada satu bidang, dia akan selalau berada di situ.

Pada April 2021, Amazon telah diberi peringkat oleh LinkedIn sebagai Perusahaan Teratas  nomer satu untuk tahun 2021, menjadi tempat di mana orang Amerika paling ingin bekerja.

Artikel Terbaru