spot_img
BerandaNewsDengan Teknologi UWB Smartphone Samsung bisa jadi Kunci Mobil

Dengan Teknologi UWB Smartphone Samsung bisa jadi Kunci Mobil

-

Jakarta, Selular.ID – Serba bisa, perangkat smartphone akan berfungsi sebagai kunci mobil digital, berkat teknologi baru bernama Ultra WideBand atau disingkat UWB. Teknologi nirkabel berbasis gelombang radio seperti Wi-Fi dan Bluetooth ini mampu mentransfer data antar perangkat dalam jarak jauh sekaligus.

Teknologi UWB bisa membuat para pengguna smartphone tak sekedar berfungsi sebagai telepon umumnya, tapi kini bisa menggunakan fitur canggih yang dapat membuka kunci, mengunci dan ,menyalakan mobil mereka hanya menggunakan smartphone yang menggunakan teknologi UWB ini adalah Galaxy S21+, S21 Ultra, Z Fold 2, Z Fold 3 and Note 20 Ultra. Tampaknya teknologi UWB merupakan langkah inovasi di industri teknologi, mengingat aplikasinya yang berkembang ke berbagai bidang teknologi mulai dari Smart Tag dan teknologi peralatan rumah pintar.

Protokol komunikasi nirkabel jarak pendek ini menggunakan gelombang radio untuk konektivitas yang mirip dengan Bluetooth dan Wi-Fi, meskipun dengan frekuensi yang jauh lebih tinggi. UWB menghadirkan pilihan konektivitas dan Akurasi yang lebih besar ke smartphone dan perangkat yang menggunakan UWB, akan jauh lebih baik daripada konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi.

UWB bisa membuat Smartphone menjadi kunci digital

UWB akan memungkinkan pengguna menggunakan smartphonenya untuk mengunci, membuka kunci mobil mereka Batasan waktu penggunaan kunci digital, dan fungsi kunci digital memungkinkan pemilik untuk berbagi akses ke mobilnya dengan pihak ketiga, bahkan kunci digital ini bisa menetapkan batas waktu berapa lama penggunaan mobil yang dikendarai. Pada akhir tahun lalu kendaraan pertama yang memiliki fitur ini adalah kendaraan listrik Genesis V60 di Korea.

Baca juga :  Smartphone Realme GT Bakal Jadi yang Pertama Mendapat Update Android 12!

Fitur yang disajikan oleh teknologi UWB ini ke depannya menjadi fitur utama dalam model unggulan Samsung seri berikutnya. Kemungkinan juga mobil yang dapat memiliki fungsi kunci digital akan diperluas untuk mencakup beberapa merek populer  Biaya yang harus dikeluarkan dari eknologi UWB masih terbilang mahal karena sekitar 10 kali lebih mahal daripada sistem Bluetooth, penggunaan Ultra WideBand dapat bermanfaat jika diposisikan seperti di pabrik manufaktur di mana pekerja perlu menjaga jarak minimum dari bagian mesin, sistem lokasi UWB dapat memberi sinyal mesin untuk dimatikan jika pekerja menyimpang ke zona bahaya.

spot_img

Artikel Terbaru