BerandaGamesTim Esport DKI Jakarta PON XX Papua Bertabur Generasi Muda

Tim Esport DKI Jakarta PON XX Papua Bertabur Generasi Muda

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah disahkan sebagai cabang olahraga resmi di Indonesia oleh KONI pada Agustus 2020 lalu, tahun ini Esports berkesempatan mengikuti ajang nasional resmi pertamanya, yaitu Eksibisi Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) telah menetapkan empat nomor untuk dipertandingkan antarprovinsi, yaitu Mobile Legends Bang Bang, Free Fire, eFootball PES 2021, dan PUBG Mobile, serta satu nomor pertandingan persahabatan, yaitu Lokapala yang merupakan games buatan anak bangsa.

“Industri Esports di Indonesia berkembang semakin besar dan sangat tepat bahwa Esports disahkan sebagai cabang olahraga resmi di Indonesia sehingga dapat menjadi jenjang prestasi atlet Esports untuk mengikuti kejuaraan resmi antarnegara, seperti SEA Games dan Asian Games,”  papar Ketua Pengurus Esports Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Neno Hamriono.

Dan yang membuatnya kian menarik, kualifikasi Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini dibuka selebar-lebarnya untuk seluruh masyarakat melalui platform Garudaku yang dikembangkan oleh PB ESI, “sehingga siapa pun memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi atlet Esports,” sambungnya.

Pada Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini, DKI Jakarta menjadi satu-satunya provinsi yang mengantarkan peserta untuk seluruh nomor pertandingan.

Pendaftaran kualifikasi Esports khusus DKI Jakarta diikuti oleh 825 peserta Mobile Legends Bang Bang, 316 peserta Free Fire, 275 peserta eFootball PES 2021, dan 820 peserta PUBG Mobile.

Peserta keempat nomor pertandingan ini telah melalui tahapan kualifikasi atau Pra PON dan tahap pelatihan daerah. Pada kedua tahapan ini, ESI DKI bekerja sama dengan Gamer’s Paradise di Jakarta Selatan yang menyediakan beberapa VIP Room miliknya sebagai ruang latihan atlet dan koordinasi bagi official.

Baca juga :  Evos Divine Kembali Juarai Free Fire Indonesia Master 2021 Fall

Michael Epafras, Ketua Kontingen Esports DKI Jakarta pun  menceritakan  format PON sebagai pertandingan antar provinsi awalnya cukup menantang karena hampir semua pemain Esports sudah memiliki tim masing-masing dengan domisili yang beragam.

“Sehingga saat mereka mendaftarkan diri sebagai peserta kualifikasi Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, otomatis mereka harus membuat tim baru. Namun melihat keempat nomor pertandingan berhasil lolos menuju final, artinya mereka mampu menyesuaikan diri dengan cepat berada di dalam tim baru. Dengan begitu kami juga semakin optimis bahwa mereka mampu memberikan yang terbaik bagi DKI Jakarta,” jelas

Baca juga :  Pisah dari FIFA, EA Sport Ganti Nama

Kontingen Esports DKI Jakarta dilaporkan telah berangkat menuju Papua pada tanggal 17 September 2021 dengan sebelumnya menjalani karantina selama dua hari. Dan yang menarik dari daftar nama atlet Esports yang mewakili DKI Jakarta merupakan generasi muda berbakat.

Seperti misalnya dari tim Free Fire, ada  Muhammad Haikal (14 tahun), Muhammad Rafli Setiawan (13 tahun), di tim Mobile Legend Bang Bang juga demikian, ada Karsten William Tjugito (15 tahun), Darren Yapaloma (16 tahun).

Kemudian di Tim PUBG Mobile ada Made Bagus Pramudita (18 tahun), Made Bagas Prabaswara (18 tahun), Eksarachman Jayanto (21 tahun), dan Jason (23 tahun), dan lain sabagainya.

Artikel Terbaru