Samsung Galaxy Tab A8 2021 Bakal Ditopang Chipset UNISOC

Jakarta, Selular.ID – Samsung sudah bersiap dengan tablet kelas menengah yakni seri Galaxy Tab A, lebih spesifik adalah Galaxy Tab A8 2021. Beberapa minggu yang lalu, render Galaxy Tab A8 2021 muncul. Sekarang sumber yang sama telah mengungkapkan spesifikasi perangkat.

Laporan sebelumnya mengatakan tablet akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon seperti pendahulunya, tetapi kebocoran baru ini mengatakan sebaliknya. Galaxy Tab A8 (2021) akan ditenagai oleh chipset Unisoc Tiger T618, yang sama dengan yang ada di dalam tablet HTC A100 yang diluncurkan di Rusia beberapa minggu lalu.

Menurut OnLeaks yang telah bermitra dengan 91Mobiles Galaxy Tab A8 (2021) akan memiliki layar TFT WUXGA 10,5 inci (1920 x 1200, ini cukup di luar dugaan, pasalnya Samsung tidak menggunakan layar 10,4 inci seperti Galaxy Tab A7 2020.

Samsung akan menawarkan tablet dalam konfigurasi yang berbeda tergantung pada pasar. Beberapa akan memiliki RAM 3GB dan penyimpanan 32GB sementara yang lain akan memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 64GB atau RAM 4GB dan penyimpanan 128GB. Meskipun tidak disebutkan, tablet harus memiliki slot kartu MicroSD untuk ekspansi penyimpanan.

Baca JugaSamsung Galaxy Tab A8 2021 Diperkirakan Harga Jualnya Kurang Dari 4 Jutaan

Sumber tersebut mengatakan tablet akan memiliki kamera depan 5MP dan kamera belakang 8MP. Kapasitas baterai 7040mAh, tidak berubah dari Galaxy Tab A7 2020. Model tahun lalu memiliki dukungan pengisian 15W dan kemungkinan akan dibawa ke Galaxy Tab A8 2021. Disebutkan juga pemindai sidik jari di bagian samping yang sepertinya tidak mungkin untuk tablet anggaran.

Kabarnya tablet ini akan tersedia dalam warna emas, perak, dan abu-abu. Ini juga diharapkan untuk diluncurkan dalam varian WiFi-only dan LTE.

Meski bocoran dari Galaxy Tab A8 2021 telah beredar luas, Samsung masih enggan menjawab kebenaran dari perangkat tersebut, dan mengkonfirmasi tanggal peluncuran dan ketersediaan tablet itu. Namun, mengingat perangkat tersebut sudah bocor berkali-kali dengan peningkatan spesifikasi di dalamnya, para pengamat gadget memperkirakan Galaxy Tab A8 2021 akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang dengan harga prediksi dikisaran $271, atau sekitar Rp3,8 jutaan.

Seperti diketahui, Unisoc mulai tampil lebih banyak di segmen mid-range. Nokia membuang Qualcomm demi chipset Unisoc guna perangkat entry-level mereka yang baru dirilis. Perusahaan lain mulai menggunakan Unisoc T610 untuk segmen entry-level. Namun, ini bukan merupakan taruhan terbesar perusahaan untuk mencapai lebih banyak seri pasar. Beberapa bulan yang lalu, Unisoc meluncurkan seri chip 5G Tanggula. Chipset ini akan merevolusi bisnis Unisoc dalam beberapa bulan mendatang.

Unisoc menggunakan proses fabrikasi TSMC dan akan memperluas pesanan dengan perusahaan Taiwan dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan dilaporkan akan tumbuh 10% selama paruh kedua tahun 2021, terutama dengan lebih banyak perusahaan seperti Realme, Honor, Lenovo, dan lainnya yang mencari chipsetnya.