spot_img
BerandaNewsE-CommerceLewat Kampus UMKM, Shopee Ajak UMKM Lokal Indonesia Naik Kelas!

Lewat Kampus UMKM, Shopee Ajak UMKM Lokal Indonesia Naik Kelas!

-

Jakarta, Selular.ID – Shopee secara khusus menghadirkan program Kampus UMKM Shopee Ekspor guna membantu perkembangan ekosistem UMKM lokal di Indonesia sampai menembus pasar global.

Kampus UMKM yang diciptakan oleh Shopee tersebut saat ini sudah tersedia di tiga kota besar, yaitu dua Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, dan Bandung, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang. Lalu, Kampus UMKM Shopee Ekspor ketiga juga akan segera menyusul di kota Malang.

Hari ini, Kamis (29/9/2021), team Shopee mengajak para awak media untuk melihat lebih dekat berbagai fasilitas yang dihadirkan di Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung secara virtual.

Untuk kampus UMKM yang berada di Bandung, secara langsung telah diresmikan oleh Gurbenur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil, pada 5 Agustus 2021 kemarin.

Kampus berbentuk gedung fisik ini dapat diakses oleh UMKM lokal secara gratis dengan mendaftar terlebih dahulu secara online. Melalui program ini, Shopee menyediakan fasilitas lengkap serta pelatihan kepada UMKM lokal agar dapat berkembang terutama di era yang serba digital ini.

Radynal Nataprawira, Head of Public Affairs Shopee Indonesia, mengungkap bahwa UMKM merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis Shopee. Oleh karenanya, Shopee menciptakan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor secara serius dan memberikan aksesnya secara gratis.

Menurutnya, potensi teman-teman UMKM perlu ditingkatkan melalui bimbingan dan pendampingan agar mampu beradaptasi dengan perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini semakin sering berbelanja secara online.

“Tak hanya tujuan untuk beradaptasi secara umum, kami juga mempersiapkan program bagi UMKM untuk ikut mengekspor produknya keluar negeri lewat Program Ekspor Shopee yang kami desain dengan baik, agar UMKM lokal mampu ekspor semudah mengirimkan produk di dalam negeri.” Pungkas Radynal, pada acara Tour Virtual hari ini, Rabu (29/9/2021).

Kampus UMKM Shopee Ekspor fokus pada empat hal yang dipersiapkan untuk UMKM lokal yakni Bantuan Operasional dan Pendaftaran, Pelatihan dan Edukasi, Fasilitas Penunjang Pemasaran dan Ruang Pertemuan serta Pelatihan. Berikut penjelasan lengkap mengenai setiap sarana yang tersedia di Kampus UMKM Shopee Ekspor:

1. Bantuan Operasional dan Pendaftaran

  • Simulasi Gudang:

Para pelaku UMKM bisa melihat demonstrasi aktivitas (proses inbound dan outbound) yang perlu diketahui oleh Penjual untuk memahami proses pengelolaan stok yang baik. Laptop dan printer di bagian inbound digunakan untuk memasukkan stok ke dalam sistem serta mencetak barcode untuk ditempel di produk dan lokasi penyimpanan.

Inventori perlu disimpan secara rapi dengan produk terpopuler disimpan di tempat yang paling mudah dijangkau. Pada bagian outbound, terdapat berbagai peralatan yang biasa digunakan seperti mesin penimbang, barcode scanner, serta peralatan untuk mengemas pesanan.

  • Pusat Ekspor:

Dari Pusat Ekspor ini, diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan informasi terkait informasi serta prosedur yang harus dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam Program Ekspor Shopee. Ada juga berbagai produk ekspor dari Solo yang diharapkan memberikan inspirasi bagi pelaku UMKM yang ini juga merambah ke pasar global.

2. Pelatihan dan Edukasi

  • Pusat Edukasi:

Pusat Edukasi merupakan pusat informasi mengenai cara mulai berjualan di Shopee serta pusat informasi mengenai jadwal pelatihan yang dapat dipilih oleh Penjual UMKM, mulai dari Modul Dasar (Basic), Menengah (Intermediate), hingga Lanjutan (Advanced). Pada Pusat Edukasi ini tersedia fasilitas seperti laptop dan smartphone agar penjual UMKM dapat memahami fitur di Shopee dan langsung melakukan pendaftaran.

3. Fasilitas Penunjang Pemasaran

  • Studio Foto:

Spot studio foto ini bisa digunakan oleh para pelaku UMKM untuk mengambil foto produk dengan kualitas yang baik. Terlebih karena foto produk sangat krusial bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan dagangannya secara online melalui platform kami. Selain pengambilan foto produk secara langsung, para pelaku UMKM juga bisa menggunakan model supaya produknya terlihat lebih menarik.

  • Live Streaming Room:

Shopee punya fitur yang bisa membantu para penjual memasarkan produknya dengan meningkatkan interaksi dengan para pembeli secara langsung, Shopee Live. Spot ini dilengkapi dengan peralatan yang mendukung kegiatan live streaming supaya produk bisa terlihat lebih menarik – seperti background, tripod, lampu (ring light), bangku serta meja.

4. Ruang Pertemuan dan Pelatihan

  • Ruangan Pertemuan:

Tersedia 4 ruangan yang dapat digunakan untuk pertemuan 1-on-1 antara pelaku UMKM dengan Trainer Shopee. Trainer Shopee yang didedikasikan untuk memberikan penjelasan terkait insight bisnis yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan performa bisnisnya.

  • Ruangan Training:

Ruangan training berkapasitas sekitar 30 orang disediakan bagi para penjual untuk mendapatkan pelatihan dari setiap layanan edukasi yang akan diadakan hampir setiap hari, 6 hari seminggu.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru