spot_img
BerandaNewsEnterpriseIndosat Ooredoo Hadirkan solusi iSOC Security dan Hybrid Cloud

Indosat Ooredoo Hadirkan solusi iSOC Security dan Hybrid Cloud

-

Jakarta, Selular.ID – Digitalisasi telah menjadi hal yang esensial bagi setiap sektor industri agar dapat berinovasi dengan cepat, sehingga bisa memberikan optimalisasi proses serta meluncurkan produk dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satunya dengan mengadopsi berbagai teknologi baru untuk bisa terus maju dan berkembang, seperti tren adopsi Cloud Computing yang terus meningkat.

Memahami kebutuhan akan kondisi tersebut, Indosat Ooredoo melalui Indosat Ooredoo Business menghadirkan solusi iSOC Security serta layanan Hybrid Cloud yang didukung Data Center tier 3.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, mengatakan “integrasi sistem keamanan iSOC Security dan Hybrid Cloud diharapkan dapat menjadi solusi bagi pelaku bisnis dalam meningkatkan sistem keamanan data digital sehingga dapat membantu perusahaan terhindar dari ancaman cyber security. Pada akhirnya keamanan data akan memberikan dampak langsung kepada kepuasan dan kepercayaan pelanggan,” terang Bayu dalam peluncuranya, Rabu (8/9).

Menurut survei yang dilakukan Alibaba Cloud, 77% perusahaan di Indonesia saat ini sudah mengadopsi solusi berbasis cloud dan 83% responden telah menikmati bantuan solusi berbasis cloud dalam menjawab tantangan bisnis di saat pandemi.

Selain itu, berdasarkan survei IBM terkait penggunaan Hybrid Cloud, responden dari Indonesia berencana untuk meningkatkan porsi pengeluaran hybrid dari saat ini 51% menjadi 57% pada tahun 2023.

Di sisi lain, dengan semakin terbuka dan tingginya tingkat pemanfaatan teknologi informasi sebuah perusahaan, maka berbanding lurus dengan peningkatan resiko dan ancaman penyalahgunaan teknologi informasi tersebut. Hal ini seringkali menjadi tantangan yang menghambat perusahaan untuk menjadi go digital.

Jika kita lihat lebih dekat, solusi iSOC Security sendiri memungkinkan perusahaan untuk dapat mengantisipasi ancaman serangan cyber pada sistem utama maupun system pendukung dari bisnis Perusahaan. iSOC Security hadir sebagai layanan pengelolaan sistem keamanan IT perusahaan yang diatur dan dilindungi oleh Managed Security Service Provider.

Menggunakan platform LogRythm sebagai perangkat pendukung Security Information and Event Management (SIEM), iSOC Security ini mencakup implementasi berbasis cloud maupun on-premises. Sehingga dapat merespon aktif apabila terdapat ancaman cyber.

Kemudian layanan Hybrid Cloud sendiri merupakan total solusi Hybrid dan Multi-Cloud untuk fleksibilitas pengaturan data bisnis, serta untuk mendukung pelaku bisnis menuju era transformasi digital. Hybrid Cloud terdiri dari layanan Data Center on-premises, public cloud, cloud connectivity, migration services sampai dengan total manged services.

Selain itu layanan On-Premises/Data Center Colocation Indosat Ooredoo yang berada di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta dan Jatiluhur, Jawa Barat dapat menjadi solusi yang diandalkan, kerena dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi serta didukung dengan konektivitas yang kuat dan cepat. Indosat Ooredoo juga memiliki layanan private cloud dengan VMWare-based maupun OpenStack-based.

Sebagai catatan pula hybrid cloud juga dilengkapi dengan fitur cloud connectivity, yaitu layanan direct connectivity yang terhubung dengan Global Cloud Provider (Alibaba, Google Cloud) dan didukung oleh Tier 3 Data Center bersertifikasi internasional.

Layanan tambahan ini menghubungkan pelanggan secara khusus ke pusat data server penyedia Global Cloud Provider di Indonesia. Untuk memastikan proses adopsi cloud yang lancar, Indosat Ooredoo Business dapat memberikan konsultasi, design development, migrasi workload, sampai dengan melakukan monitoring dan pengelolaan operasional dari cloud itu sendiri.

“Kami percaya bahwa transformasi digital dapat sukses dilakukan dengan adanya kolaborasi antara regulator, pelaku industri, dan penyedia industri serta didukung dengan teknologi dan strategi bisnis yang tepat sehingga dapat terlahir produk dan layanan yang bernilai,” tandasnya.

spot_img

Artikel Terbaru