spot_img
BerandaSmartphoneDebut Global, iPhone 13 Pro dan Pro Max Bawa Peningkatan Pada Sektor...

Debut Global, iPhone 13 Pro dan Pro Max Bawa Peningkatan Pada Sektor Kamera

-

Jakarta, Selular.ID – Apple akhirnya secara resmi mengumumkan series iPhone 13 secara global yang tiba dengan membawa beberapa peningkatan di sektor kamera, layar, dan masa pakai baterainya. Model iPhone 13 Pro terbaru mengusung layar ProMotion 120Hz, yang menyesuaikan antara 10Hz dan 120Hz, namun ukuran layarannya tetap sama dengan model sebelumnya.

Artinya, series iPhone 13 memiliki layar Super Retina XDR 6,1 inci untuk varian iPhone 13 Pro, sedangkan iPhone 13 Pro Max memiliki layar 6,7 inci. Sama seperti iPhone 13 Mini dan iPhone 13, model pro juga menampilkan takik yang sedikit lebih kecil.

Keduanya juga dilindungi oleh selembar perisai keramik yang diklaim Apple lebih keras dibanding kaca smartphone merk apapun. Chipset Apple A15 Bionic tersedia di dalam kedua ponsel dan membawa peningkatan di departemen CPU dan GPU.

Menyoal sektor fotografi, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dilengkapi dengan kamera sudut ultrawide 12MP f/1.8 baru dengan bidang pandang 120°, yang dimana itu dapat memotret foto makro pada jarak 2 cm, serta mampu merekam video makro termasuk dalam gerakan lambat dan mode selang waktu. Sensor ini juga dapat menangkap cahaya hingga 92% lebih banyak dari sebelumnya.

Tersemat pula kamera telefoto 12MP f/2.8, yang menghadirkan 3x optical zoom dengan rentang zoom 6x optik di seluruh sistem dan 15x digital zoom. Sensor ini juga bergabung dengan kamera sudut ultrawide dan kamera sudut lebar untuk dapat memotret dalam Mode Malam. Kamera lebar 12MP f/1.5 memiliki sensor terbesar, menangkap 2,2x lebih banyak cahaya pada iPhone dan memanfaatkan Pemindai LiDAR saat memotret dalam Mode Malam.

Lebih lanjut, Apple juga telah menambahkan fitur perekaman video baru seperti mode sinematik yang mengubah fokus saat merekam video. Pengguna akan dapat memilih, menyesuaikan tingkat bokeh, dan bahkan mengunci objek mana yang harus menjadi fokus kamera. Ada juga mode otomatis yang akan tersedia di kamera TrueDepth depan dan kamera belakang lebar dan telefoto.

Series iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max masih memiliki konektor lightning seperti pendahulunya. Namun, keduanya mengalami peningkatan terkait masa pakai baterainya, yaitu tambahan 2,5 jam lebih banyak pada Pro Max dan 1,5 jam lebih banyak pada Pro.

Pengisian daya kabel juga masih dibatasi pada 20W, sementara pengisian daya nirkabel MagSafe adalah 15W. Pengguna masih dapat menggunakan pengisian daya nirkabel Qi, tetapi lebih lambat lantaran mengisi daya hingga 7,5W.

Sebagai informasi tambahan yang dilansir dari 9to5Mac, series Apple iPhone 13 Pro hadir dengan dukungan dual eSIM, dan memiliki slot kartu nano-SIM dengan dukungan untuk eSIM ganda, sehingga memungkinkan penggunaan tiga jalur berbeda untuk konektivitas pada iPhone. Sayangnya, belum dipastikan apakah nano-SIM dan dua eSIM akan bekerja secara bersamaan dan bagaimana sebenarnya sistem tersebut bekerja.

Ada juga kemungkinan bahwa beberapa operator jaringan mungkin tak mendukung eSIM dan dapat menonaktifkan fitur tersebut jika perangkat dibeli melalui operator jaringan. Memperluas fitur konektivitas, Apple mengungkap bahwa model iPhone 13 terbaru hadir dengan dukungan untuk lebih banyak pita 5G.

Model iPhone 13 Pro akan tersedia dalam varian warna Sierra Blue, Silver, Gold, dan Graphite. Kemudian, series iPhone 13 Pro akan hadir dalam varian 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB. Keduanya baru tersedia untuk pre-order mulai 17 September dan pengiriman akan dimulai pada 24 September mendatang.

Tonton juga video di bawah ini:

spot_img

Artikel Terbaru