Tips Bikin Video Singkat Pakai Smartphone Buat Konten Bisnis Online

Tips Bikin Video Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Seiring dengan meningkatnya kehadiran teknologi dan perangkat, tren membuat video pendek semakin meningkat di media sosial. Pengeditan video sendiri juga kian cepat dan mudah.

Kemudahan ini memicu masyarakat untuk membuat video kreatif yang tak hanya untuk keperluan pribadi, namun juga untuk bisnis. Kita bisa melihat semakin banyak penjual daring yang membuat video singkat sebagai bentuk promosi bisnis mereka agar lebih terkesan menarik.

Kesempatan ini menjadi peluang emas khususnya bagi Anda yang sedang merintis bisnis. Dengan tren video pendek ini, Anda dapat memanfaatkan platform media sosial seperti TikTok dan Instagram Reels untuk mempromosikan bisnismu. Berikut tips membuat video promosi menarik di smartphone untuk bisnis online Anda:

1. Ceritakan Tentang Proses Bisnis

Anda bisa membuat video mengenai proses awal merintis atau membangun usaha. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis pakaian, maka ceritakan mengenai awal mula Anda tertarik di bisnis tren fashion, keahlian Anda mendesain pakaian, menjahit, atau mengenai tantangan yang Anda hadapi pada saat bekerja. Cerita-cerita sederhana ini justru bisa menjadi daya tarik video pendek Anda.

2. Pembuatan Video untuk Katalog

Anda bisa membuat video behind the scene saat pembuatan katalog foto. Rekam momen saat tim Anda mempersiapan alat-alat untuk memotret, dekorasi, lokasi pemotretan, keseruan saat pemotretan, proses pengeditan foto, sampai hasil katolog foto yang sudah jadi. Potongan-potongan video tersebut saat dirangkai dengan aplikasi video editing sehingga menjadi sebuah cerita yang unik dan menarik.

3. Video Proses Packing

Anda bisa membuat video saat proses pengiriman barang, mulai dari tumpukan pesanan yang masuk, lalu cara mengemas, hingga siap untuk membawanya ke kurir atau logistik. Agar terlihat dramatis, selipkan ungkapan terkejut sekaligus bahagia karena bisa mendapatkan orderan dari para pelanggan Anda.

Dari ketiga tips singkat tersebut, untuk mengedit klip-kilp video dengan menambahkan teks atau hashtag sesuai dengan pesan yang ingin kamu sampaikan. Tambahkan pula musik, efek  transisi, atau filter agar hasil video tidak membosankan.  Anda bisa menggunakan aplikasi Soloop yang cukup lengkapi efeknya untuk mengedit video singkat.

Baca juga: Audio Jernih, Intip 4 Rekomendasi TWS Oppo Untuk Mendengarkan Musik

Untuk mempermudah membuat video promosi bisnis, Anda dapat memakai perangkat Oppo Reno6 yang memiliki fitur Bokeh Flare Portrait Video proses video real-time untuk menangkap video potret dengan latar belakang bokeh, namun tetap membuat subjek potret tampak alami dan cerah. Fitur ini dapat digunakan untuk kamera depan dan kamera belakang sehingga kian memudahkan kamu untuk membuat video menjadi ciamik.

Selain itu, ada juga fitur AI Highlight Video yang dapat membuat subjek video tampil cerah. Algoritma dari Live HDR dan Ultra Night Video akan menyesuaikan pencahayaan secara alami sehingga Anda tak perlu khawatir saat merekam video di kegelapan malam.

Oppo Reno6 juga memiliki Potrait Beautification Video yang menampilkan efek percantik alami pada video potret, dengan pengenalan hingga 193 titik fitur wajah. Anda pun dapat berkreasi dengan membuat subjek berwarna sementara latar belakang hitam-putih, berkat adanya fitur AI Color Portrait.

Dengan memakai perangkat Oppo Reno6, Anda pun tak perlu khawatir terhadap pengisian daya. Perangkat Oppo Reno6 memiliki teknologi 50W Flash Charge dan baterai berkapasitas besar 4310 mAh. Dengan kombinasi keduanya, Oppo Reno6 dapat diisi 100% hanya dalam waktu 45 menit. Warna Oppo Reno6 juga bisa ditambah sebagai properti foto atau video Anda, karena warna perangkat Reno6 memiliki warna yang trendi.

Tonton juga video di bawah ini: